Implementasi Konsep Higienis Pada Ruang Hunian Rumah Susun Sewa di Blitar

Fendy Prasetya, Esty Poedjioetami, Randy Pratama Salisnada

Abstract

Permasalahan umum dari sebuah hunian rumah susun adalah soal kebiasaan kumuh yang di bawa penghuni dari tempat dia berasal, hal itu di sebabkan kurangnya pengertian tentang gaya hidup sehat. Rumah susun adalah konsep hunian vertikal dimana aktivitas penghuni Sebagian besar terjadi di dalam unit hunian termasuk kegiatan penunjang dan servis baik itu memasak atau cuci jemur, dapur dan area cuci jemur sebagai bagian yang sering bersentuhan langsung dengan barang kotor membuat munculnya kuman dari area itu, tulisan ini bertujuan untuk mengkaji eksplorasi material untuk Ruang hunian agar menciptakan gaya hidup sehat, konsep ruang adalah Higienis dimana ruang harus mudah di bersihkan untuk mencegah kuman, dimana hal itu bisa di terapkan dengan pendekatan penggunaan material. Metode yang digunakan adalah Deskriptif yaitu mendeskripsikan situasi yang akan dibahas dan melakukan pengumpulan data yang memberikan suatu acuan dalam penentuan pemilihan material, pemilihan material harus di nilai cocok, pengaplikasian material ini diharapkan menjadi solusi untuk memperkecil perilaku kumuh dan menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

Keywords

Material fabrikasi; furnitur; dapur; Rusunawa

Full Text:

PDF

References

A. W. Putro, “PERANCANGAN APARTEMEN SOSIAL DENGAN METODE HYBRID DI KAWASAN URBAN YOGYAKARTA,” p. 178.

H. P. Putra, M. Diaudin, R. Fahrudin, and A. F. Suwanan, “PENGARUH LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK, GINI RATIO DAN PERTUMBUHAN PDRB PERKAPITA TERHADAP ANGKA KEMISKINAN DI KOTA BLITAR TAHUN 2011-2020,” J. Ekon. Dan Pendidik., vol. 18, no. 2, pp. 152–161, Apr. 2022, doi: 10.21831/jep.v18i2.45888.

D. Oleh, “Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Ijazah S1 Kesehatan Masyarakat,” p. 16, 2015.

N. Diandra, M. N. Afla, and M. O. Saputra, “Tinjauan Rumah Tinggal Berdasarkan Konsep Rumah Sehat Menurut Regulasi Pemerintah,” J. Teknol. Dan Desain, vol. 1, no. 2, pp. 45–54, Jan. 2020, doi: 10.51170/jtd.v1i2.20.

A. Sanusi and S. Kurniasih, “Peningkatan Terminal Rawa Buaya Menjadi Tipe A Dengan Arsitektur Perilaku di Jakarta Barat,” vol. 2, no. 2, p. 10, 2019.

A. Zulfikri, A. Ernawatie, and N. Hamdani, “PERANCANGAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PRIA KLAS IIA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU,” p. 7.

N. Nareswarananindya, “EKSPLORASI MATERIAL GLULAM PADA PERANCANGAN SHELTER MENGGUNAKAN SALURAN KREATIVITAS FOCUS ON MATERIAL,” BORDER, vol. 1, no. 2, pp. 83–96, Nov. 2019, doi: 10.33005/border.v1i2.27.

M. A. Medina and E. Rostika, “Pemilihan Material pada Interior Brussels Spring Resto & Cafe Jalan Setiabudhi Bandung,” p. 12.

Refbacks