Pemberdayaan Masyarakat Kampung Cijantur Mengenai Penggunaan Air Bersih dengan Menggunakan Teknologi Filter Air

Santika Sari, Nurfajriah Nurfajriah

Abstract

Kampung Cijantur merupakan salah satu daerah yang mengalami banyak permasalahan, mulai dari akses jalan menuju kampung ini dalam kondisi yang tidak baik, pekerjaan utama penduduk yang tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, Pendidikan yang tidak memadai dan sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang sangat jauh. Dari sekian banyaknya permasalahan yang dihadapi Kampung Cijantur, masalah yang paling dirasa menyulitkan masyarakat kampung ini adalah mengenai sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang teramat jauh, terutama di masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kebersihan telah menjadi hal yang sangat diutamakan agar terhindar dari aparan Virus. Oleh karena itu, untuk mendapatkan air bersih dengan membuat filter air dengan teknologi filter air yang dapat membantu menyaring dan mengurangi bau dari air. Teknologi filter air yang digunakan tidak menggunakan listrik sehingga dapat memudahkan warga dalam penggunaannya. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini adalah : (1) Sosialisasi Program, (2) persiapa peralatan dan bahan, (3) Perakitan filter air, (4) Pelaksanaan kegiatan pemasangan filter air di tempat penampungan air yang telah ada, (5) Pendampingan, dan (6) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah dapat memudahkan masyarakat Kampung Cijantur mendapatkan air bersih melalui pembuatan filter air.

Keywords

Air bersih, Pembuatan Filter Air, Kesehatan Air

Full Text:

PDF

References

Febriani, Yeza, A. R. Saleh, and E. M. Brahmana, "Pembuatan Sitem Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih layak Konsumsi Menggunakan teknologi Sederhana." In Prosiding Seminar Nasional Teknopreneur Universitas Pasir Pengaraian, pp. 627-635. 2018.

R. Rahayu and D. Putram, “Pembuatan Filter Air Sederhana”, Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Vol 3, No.2 2019.

S. S. Syahputra, Pembuatan Filter Air Sederhana. Pekan Baru: Kampus Bina Widya, 2005.

Soehartono. Penjernihan Air Dengan Saringan Pasir Dan Desifektan Alami. Pandanaran: Universitas Pandanaran.

A, Rubitana, "Perancangan alat pengolahan air gambut sederhana menjadi air minum skala rumah tangga." Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah 2, no. 1. 2014.

I. Sutapa, "Pengembangan Sistem Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih Di Propinsi Kalimantan Tengah: Kajian Efisiensi Penambahan Koagulan Dalam Proses Koagulasi." Pusat Penelitian Limnologi–LIPI. Cibinong. 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.