Evaluasi Dampak Getaran Tanah Terhadap Aktivitas Peledakan di Pit TSBC PT Bukit Asam Tbk, Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan

Imelda Yuni Pratiwi, Yudho Dwi Galih Cahyono, Fairus Atika Redanto Putri

Abstract

PT Bukit Asam Tbk merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang usaha pertambangan, berlokasi di Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Memproduksi batubara untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri serta pengiriman luar negeri. Tujuan dari penelitian yaitu mengevaluasi dampak getaran tanah terhadap aktivitas peledakan di Pit TSBC serta metode yang diterapkan untuk mengurangi getaran tanah. Metodologi penelitian ini kualitatif dan kuantitatif, yangmana dari hasil observasi dan wawancara dapat menganalisis hasil penelitian yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel, dikembangkan dengan rumus yang sesuai hasil analisis. Salah satu dampak yang ditimbulkan pada aktivi-tas peledakan adalah getaran tanah. Peneliti berpedoman pada SNI 7571 2010 untuk nilai ambang batas dari getaran terhadap bangunan dengan alasan memperkecil dampak yang ditimbulkan, faktor yang mempengaruhi yaitu struktur geologi, pengaruh air/alam, muatan handak, jenis handak, geometri peledakan, serta pola dan inisiasi lubang ledak. Ada dua metode yang saat ini diterapkan, de-lay blast dan decking. Dengan pemasangan delay blast Nonel yang tepat dapat mengurangi getaran tanah pada aktivitas peledakan. Prediksi delay blast Nonel dapat di desain menggunakan aplikasi SHOTPlus-i Pro. Metode decking hanya berlaku di lubang ledak kedalaman >5 meter, sehingga dapat mengurangi muatan bahan peledak dan memperkecil getaran tanah jika jumlah bahan peledak kompak di setiap lubang ledak.

 

Keywords

Getaran tanah, jumlah bahan peledak, peledakan, waktu tunda peledakan.

Full Text:

PDF

References

Ash,R.L. 1990. Design od Blasting Round, Surface Minung, B. A Kennedy, Editor, Society for Mining, Metalurgy, and Exploration, Inc.

Busyari, M dan Ayu Oktaviani. 2011. Dampak Peledakan (Blasting) Terhadap Kesehatan Keselamatan Kerja Dan Pemukiman Penduduk Di Sekitar Lokasi Pt. Safhira Gifha Kota Bangun-Kutai Kartanegara. Teknik Lingkungan, Jurusan Teknik, Universitas Mulawarman Samarinda.

Cahyono, Yudho. D.G., dkk. 2019. Kajian Fragmentasi Pemberaian Batuan Quarry Andesit di Bukit Tapuan PT. XYZ. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII. Jurusan Teknik Pertambangan, Institut Teknolo-gi Adhi Tama Surabaya.

Cahyono, Yudho. D.G., dkk. 2020. Evaluasi Nilai Powder Factor Untuk Pening-katan Produksi Peledakan Quary Batu Andesit di PT. Arga Wastu Desa Sanetan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. SEMI-TAN II. Jurusan Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Konya, C. J., dan Walter, E. J. 1990. Surface Blast Design. New Jersey, USA: Prentice Hall Englewood Cliffs.

Noviansyah, M. R. 2017. Rancangan Sistem Waktu Tunda Peledakan Nonel Untuk Mengurangi Efek Getaran Tanah Terhadap Fasilitas Tambang di Quarry Karang Putih, PT. Semen Padang, Indarung. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Sriwijaya. Palembang.

Partanto Prodjosumarto, 1993, Tambang Terbuka. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, Institut Teknologi Bandung.

Putri, Fairus. A.R. 2020. Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tambang Batubara Pa-da Tambang Terbuka Di PT. X. Jurnal IPTEK. Jurusan Teknik Per-tambangan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Standar Nasional Indonesia. 7571: 2010. Baku Tingkat Getaran Peledakan Pada Kegiatan Tambang Terbuka Terhadap Bangunan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Sucofindo. (2002). Buku Saku K3. PT. (Persero) Sucofindo, Jakarta.

Tumakaka, Yosua Andhika. 2016. Penerapan K3 Dalam Peledakan. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik. Universitas Palangkaraya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.