ANALISIS MULTIVARIAT KEGIATAN PRODUKSI TERHADAP RASIO BAHAN BAKAR ALAT GALI MUAT DI PT. RATU INTAN MINING DI KECAMATAN MARAU, KABUPATEN KETAPANG, PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Gabriela Viony Yama, yudho dwi galih cahyono, Fairus Atika Redanto Putri

Abstract

PT. Ratu Intan Mining merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangn bauksit di Desa Karya Baru, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Pada kegiatan penambangan ini, konsumsi bahan bakar alat mekanis sangat berpengaruh pada proses produksi. Konsumsi bahan bakar yang efisien pada alat mekanis akan membuat biaya produksi menjadi lebih rendah. Salah satu masalah yang timbul adalah tidak tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan konsumsi bahan bakar pada alat mekanis menjadi tidak ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis multivariat kegiatan produksi terhadap rasio bahan bakar alat gali muat di PT. Ratu Intan Mining. Dari hasil penelitian  diperoleh besar fuel ratio pada alat gali muat Excavator Liugong 933E dari tanggal 2 Agustus 2021 – 31 Agustus 2021 yaitu sebesar 0,15 liter/bcm dengan produktivitas hasil optimalisasi sebesar 162,6 BCM/jam dan persamaan multivariate yang dihasilkan dari hubungan fuel consumption dan efisiensi kerja terhadap produksi bauksit yaitu Y = 160,27 + 0,86X1 + 1,43X2. Sehingga di peroleh kesimpulan bahwa efisiensi kerja terlihat lebih berpengaruh pada tercapainya target produksi.

Keywords

fuel consumption, efisiensi kerja, produktivitas, multivariat.

Full Text:

PDF

References

S. Zuhri and Y. D. G. Cahyono, "Analisa Match Factor untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Muat dan Alat Angkut pada Penambangan Sirtu PT. Pasirindo Perkasa Kabupaten Lumajang Jawa Timur," Prosiding, Semitan Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN II), vol. 2, no. 1, pp. 543-548, 2020.

Rochmanhadi, Alat Alat Berat dan Penggunaannya, Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, 1992.

J. G. Wahono and Y. D. G. Cahyono, "Evaluasi Penggunaan Alat Muat dan Alat Angkut untuk Peningkatan Produktivitas Andesit di PT. Bina Nugraha Utama Kec. Kejayan Kab. Pasuruan Prov. Jawa Timur," Prosiding, Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN II), vol. 2, no. 1, pp. 569-576, 2020.

A. Syahdad, W. S. and A. N., "Analisis Keserasian Alat Mekanis (Match Factor) Untuk Peningkatan Produktivitas," Jurnal Geomine, vol. 4, no. 3, pp. 114-115, 2016.

Partanto, Pemindahan Tanah Mekanis, Bandung: Buku Ajar Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral Institut Teknologi Bandung, 1983.

R. J. Kakisina and Y. D. G. Cahyono, "Productivity Analysis of Raisebore RB-50X for Raise Slot Drilling at Extraction Level GBC PT. Freeport Indonesia," Journal of Earth and Marine Technology, vol. 2, no. 1, pp. 35-39, 2021.

R. Silalahi, "Evaluasi Produktivitas Alat Angkut Untuk Mengoptimalkan Controlling Muatan pada Kegiatan Penambangan Batugamping, di PT Semen Bosowa Maros, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan," Bandung, 2017.

D. Y. Adinata, Kajian Teknis Pemakaian Bahan Bakar Alat Muat Type Komatsu PC 400 Lc 08 dan Alat Angkut Type DT Scania P380 Terhadap Produksi, Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2016.

A. Octova, "Analisis Konsumsi Bahan Bakar Dumptruck Nissan Ud Cwm 330 Pada Penambangan Batubara di PT. Nan Riang," Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 1, no. 1, p. 12, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.