STUDI GEOLOGI DAN ANALISIS FASIES TURBIDIT PADA FORMASI KALIBENG DAERAH REPAKING DAN SEKITARNYA WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI PROVINSI JAWA TENGAH

Catur Purnomo Sidi, Sapto Heru Yuwanto

Abstract

Daerah penelitian berlokasi di Desa Repaking dan sekitarnya, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Luas daerah penelitian ialah 9x6 Km atau 54 Km2, terletak pada 4/9 Lembar Peta Rupa Bumi Nomor 1408-632 (Kedungjati). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keadaan geologi daerah permukaan dan menganalisa fasies turbidit yang berkembang di daerah penelitan. Metode penelitian yang digunakan adalah pemetaan geologi permukaan serta penentuan analisa fasies turbidit dengan data-data lapangan, analisa laboratorium, dan analisa studio yang meliputi analisa profil (variasi litologi dan variasi ukuran butir, unit genetik mengkasar atau menghalus ke atas, dan jenis struktur sedimen). Dari hasil lapangan serta analisis studio didapatkan satuan geomorfologi daerah penelitian terbagi menjadi 3 satuan yakni satuan perbukitan antiklin sinklin (S9), satuan geomorfologi topografi bergelombang sedang-kuat (S2) dan satuan dataran aluvial (F2). Pola aliran yang berkembang di daerah penelitian adalah trellis dan subtrellis dengan stadia sungai muda-dewasa. Stratigrafi daerah penelitian dari tua ke muda adalah satuan batupasir karbonatan kerek, satuan napal kalibeng, batupasir tuffan kalibeng, kalkarenit kalibeng, dan endapan campuran. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa sesar dan lipatan. Sesar yang berkembang memiliki arah tegasan utama relatif dari utara-selatan dengan pola timur-barat sampai baratlaut-tenggara dan timurlaut-barat daya. Sesumber yang terdapat pada daerah penelitian adalah air dan pemanfaatan tata guna lahan. Bahaya geologi dalam bentuk gerakan tanah berupa longsoran (debris slide). Fasies turbidit pada formasi kalibeng daerah Repaking dan sekitarnya masuk kedalam Classical Turbidit (CT). Dikarenakan ada bagian interval (Ta-Tb) yang hilang pada setiap analisis, pada lokasi pengamatan masuk dalam bentukan Base cut out sequence.

Keywords

Geologi, Formasi Kalibeng, Fasies Turbidit, Lipatan, Daerah Repaking dan sekitarnya

Full Text:

PDF

References

P. De Genevraye and L. Samuel, “Geology of the Kendeng Zone (Central & East Java),” 1972.

A. H. Harsolumakso, D. Noeradi, A. Rudyawan, D. Amiarsa, S. Wicaksono, and A. A. Nurfarhan, “Geology of the Eastern Part of the Volcanic-Kendeng Zone of East Java: Stratigraphy, Structures and Sedimentation Review from Besuki and Situbondo Areas,” J. Geol. dan Sumberd. Miner., vol. 20, no. 3, p. 143, 2019, doi: 10.33332/jgsm.geologi.v20i3.465.

L. Jurnaliah, F. Muhamadsyah, and N. Barkah, “Lingkungan Pengendapan Formasi Kalibeng Pada Kala Miosen Akhir Di Kabupaten Demak Dan Kabupaten Semarang , Jawa Tengah Berdasarkan Rasio Foraminifera Plangtonik Dan Bentonik ( Rasio P / B ),” vol. 14, no. 2006, pp. 233–238, 2016.

Widiatmoko, F. R., Aziz, M., & Firmansyah, I. (2021). Geological Mapping of Gunungbatu and Surrounding Areas, Bodeh District, Pemalang Regency, Central Java. Journal of Earth and Marine Technology (JEMT), 2(1), 19-29.

M. I. Batfutu, S. H. Yuwanto, and H. S. Wiyanti, “ANALISIS UMUR FORMASI SONDE BERDASAR KANDUNGAN MIKROFOSIL DESA KEDUNGSARI DAN SEKITARNYA, KECAMATAN TEMAYANG, KABUPATEN BOJONEGORO, PROVINSI JAWA TIMUR,” Semin. Teknol. Kebumian dan Kelaut., pp. 8–10, 2019.

Firmansyah, I., Candra, A., & Widiatmoko, F. R. (2021). Geological Mapping of the Longkeyang and Surrounding Regions, Bodeh District, Pemalang Regency, Central Java. Journal of Earth and Marine Technology (JEMT), 2(1), 9-18.

T. B. Sukardi, “Peta Geologi Lembar Salatiga, Jawa.” Pusat Penelitian dan Pengambangan Geologi, Bandung, 1992.

R. A. Van Zuidam, “Aerial photo-interpretation in terrain analysis and geomorphologic mapping.,” Aer. photo-interpretation terrain Anal. Geomorphol. mapping., 1986.

R. G. Walker, “Facies models; 2, Turbidites and associated coarse clastic deposits,” Geosci. Canada, vol. 3, no. 1, pp. 25–36, 1976, [Online]. Available: -.

A. H. Bouma, P. H. Kuenen, and F. P. Shepard, Sedimentology of Some Flysch Deposits: A Graphic Approach to Facies Interpretation. Elsevier Publishing Company, 1962.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.