Evaluasi Rancangan Mesin Lathe Mini Dengan Metode Design For Manufacture and Assembly (DFMA)

Mochamad Syaiful Andreansyah Eka Putra, Ahmad Anas Arifin, Desmas Arifianto Patriawan

Abstract

Mesin Bubut/Lathe berperan penting pada proses manufaktur dalam menjaga kualitas produk. Ukuran dari Mesin Lathe sangat bervariasi, mulai dari ukuran besar untuk memenuhi kebutuhan produksi skala besar sampai ukuran kecil untuk kebutuhan pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan manufaktur dengan ukuran kecil, maka harus memperhitungkan dari segi fungsi dan efisiensi ukuran mesin Lathe dengan tetap memperhatikan kualitas hasil, perawatan yang relatif mudah. Design for Manufacture (DFM) and Design for Assembly (DFA) merupakan salah satu metode yang aplikatif untuk memenuhi kebutuhan efisiensi manufaktur, ukuran dan fungsi. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi perancangan produk menggunakan metode DFMA guna mendapatkan besar nilai proses manufaktur dan perakitannya, serta bagaimana rekomendasi desain yang lebih efektif dan efisien pada mesin Lathe mini TZ2002MG. Perancangan ini dibuat untuk mempersingkat waktu manufaktur pada bagian-bagian tertentu. Serta meningkatkan nilai proses perakitan yang diketahui berdasarkan naiknya nilai DFA indeks dari 52,4 % menjadi 80,5%.

Keywords

DFM, DFA, Mesin Lathe Mini, Efisiensi manufaktur

Full Text:

PDF

References

Batan IML. DESAIN PRODUK. 2012.

Hasibuan YK, Rambe AJM, Ginting R, et al. Rancangan Perbaikan Stopcontact Melalui Pendekatan Metode DFMA (Design For Manufacturing And Assembly). 2013; 1: 34–39.

Nasution MY, Anwar S. Perancangan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak Dengan Menggunakan Metode DFMA (Design For Manufacture And Assembly). 2021; 13: 14–20.

ULRICH, Karl T.; EPPINGER SD. Design for Manufacturing. Assem Autom 2000; 32: 130–131.

Azwir HH, Maeratnasari D. Efisiensi Biaya Produksi Baut Ump 5x28 Mc3 Ur Dengan Metode Design For Manufacturing.

Ilyandi R, Arief DS, Indra T, et al. Analisis Design For Assembly (DFA) Pada Prototipe Mesin Pemisah Sampah Material Ferromagnetik Dan Non Ferromagnetik. jomFTEKNIK 2015; 2: 1–10.

Muchlis A, Ridwan W, Nasibu IZ. Rancang Bangun Mesin CNC (Computer Numerical Control) Laser dengan Metode Design for Assembly. Jambura J Electr Electron Eng 2021; 3: 23–27.

Boothroyd G. PRODUCT DESIGN FOR MANUFACTURE AND ASSEMBLY. 1994.

ULRICH K, Steven D, WHITESIDE L. PRODUCT DESIGN AND DEVELOPMENT. 2003.

Kurnianto RR, Wibowo A, Prakosa T. Penerapan Metoda Design for Manufacture and Assembly pada Handle Transformer Hand Bike. 2015; 7–8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.