Rancang Bangun Sistem Gudang Berbasis Web dengan Model Pengembangan Rapid Prototyping

Mochamad Khoirul Huda, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract

Pada SMAN 11 memiliki sebuah gudang, akan tetapi proses pendataan barang yang ada di gudang untuk saat ini masih secara manual. Barang yang akan masuk di gudang maka akan di hitung terlebih dahulu jumlah barang tersebut. Setelah jumlah barang yang akan dimasukan dalam gudang sesuai, maka proses selanjutnya adalah mendata barang yang akan dimasukan kedalam gudang didalam buku gudang. Semua barang yang keluar masuk akan didata dalam buku gudang tersebut. Hal ini menyebabkan jika buku gudang tersebut rusak terkena air atau hal sebagainya, maka data dari seluruh aktivitas dalam gudang tersebut akan hilang. Dari situlah dibutuhkan sistem gudang yang akan menunjang kegiatan di SMA 11. Sistem yang nantinya akan dibangun untuk membantu pendataan barang gudang secara digital akan berbasiskan sistem web. Pengembangan sistem gudang ini akan terdapat menu-menu yang nantinya akan membantu dalam pendataan barang gudang tersebut. Sistem gudang ini juga nantinya terdapat fitur-fitur yang nantinya dapat membantu dalam melakukan monitoring barang gudang tersebut. Sistem gudang ini akan dirancang menggunakan Software Development Life Cycle atau bisa disebut dengan model pengembangan. Hasil penelitian ini dapat membantu staff gudang dalam pendataan barang gudang secara digitalisasi dengan mendapatkan presentase nilai ISO 9126-2 usability 82,44%.

Keywords

Sistem Gudang; Rapid Prototyping; ISO 9126-2; SDLC

Full Text:

PDF

References

. S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

. M. Shalahuddin and A. S. Rosa, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2013.

. N. M. Devadiga, "Tailoring Architecture Centric Design Method with Rapid Prototyping," in 2017 2nd International Conference on Communication and Electronics Systems (ICCES), Coimbatore, 2017.

. G. Bazzana, O. Andersen and T. Jokela, "ISO 9126 and ISO 9000: friends or foes?," in Proceedings 1993 Software Engineering Strandart Symposium.

. I. JTC 1/SC 7, "SO/IEC 9126-2: Software engineering -Product quality -Part 2: External metrics," ISO/IEC JTC 1/SC 7 Software and systems engineering, Juli 2003.

. S. Bahrun, S. Alifah and S. Mulyono, "Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web.," TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 81-88, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.