DESAIN PRODUCT SERVICE SYSTEM DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK INOVASI PRODUK DAN KREASI JASA

Angga Anugrah Putra, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Penelitian ini membahas tentang desain product service system dengan obyek penelitian di PT. Surya Madistrindo, dimana perusahaan tersebut anak perusahaan dari PT. Gudang Garam yang betugas di sektor marketing dan pendistribusian. Desain product service system akan mengkombinasikan antara produk dan jasa, Produk yang di kembangkan adalah produk rokok. Tujuan dari desain product service system untuk memenuhi keinginan secara lebih spesifik dari konsumen dan memenuhi kepuasan konsumen dengan cara mengembangkan model layanan terhadap produk rokok dan mengembangkan produk rokok dengan karakteristik yang diinginkan oleh konsumen. Dengan menggunakan tools Quality Function Deployment (QFD) level 3. QFD level 3 merupakan metode dalam mendukung pengembangan dan perencangan product dan service, dimana QFD menyediakan sebuah cara yang terstruktur dalam menyediakan lanyanan untuk menjamin kualitas dan kepuasan pelanggan. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan QFD level 3 diantaranya mendistribusikan produk rokok kemasan kaleng di semua toko, Quality control product di pasaran, menerapkan program keep my client, meningkatkan kecepatan dalam pendistribusian.

Keywords

Desain; Product Service System (PSS); Quality Function Deployment (QFD) level 3

Full Text:

PDF

References

Ariani, D.W. 2012. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitas. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Barquet, Ana Paula Bezerra., Maicon Gouvea de Oliveira., Carolina Roman Amigo, Vitor Pinheiro Cunha and Henrique Rozenfeld. 2013. Employing The Business Model Concept to Support The Adaption of Product Service Systems (PSS). Industrial Marketing Management 42: 693-704.

Goedkoop, Mark J., Cees J. G. Van Halen., Harry R.M. Te Riesle., and Peter J.M. Rommens. 2010. Product Service System, Ecological and Economic Affairs (EZ).

Kannan, G. 2010. Implemention of Fuzzy Quality Function Deployment in an Automobile Component to Improve The Quality Characteristics. Quality Engineering, Vol. 20, Issue 3, p. 321-333.

Purwaningsih, Ratna., Yudha, Mahardihika Cakra., dan Susanto, Novie. 2016. Penilaian Keberlanjutan UKM Batik Kota Semarang dengan Metode Product Service System. Jurnal Teknik Industri Volume 18 Nomor 1:31-41.

Tukker, A. 2010. Eight Types of Product Service System: Eight Ways to Sustainability? Experiences from SusProNet.

Ulrich, K., and Eppinger, S. : 2010. Product Design and Development. 2nd Ed. New York: David Brake.

UNEP and DELFT University of Technology. 2010. Design for Sustainability: A Step By Step Appoach, Report.

Wirawan, A. 2012. Perancangan Layanan Perkuliahan Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode QFD Melalui Pendekatan Kano. Skripsi. Teknik Industri UAD, Yogyakarta.

Yuliandra Berry, Sutanto Agus., Hadiguna Ampuh Rika. 2013. Antara Desain dan Product Service Systems: Suatu Tinjauan Literatur.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.