Analisis efektivitas mesin menggunakan metode overall equipment effectiveness (OEE) Untuk Mengurangi Six Big Losses Serta Upaya Perbaikan Dengan Kaizen Di PT. Pg Candi Baru Sidoar

Ahmad Dwi Saputra

Abstract

PT. PG Candi Baru Sidoarjo yaitu anak industri dari PT. RNI yang memproduksi gula dengan didukung oleh beberapa mesin serta peralatan yang saling berhubungan untuk menghasilkan produk. Pemakaian mesin yang terus menerus dapat memunculkan kerusakan pada mesin serta bakal berdampak pada berhentinya proses produksi ataupun disebut downtime yang disebabkan oleh volume yang menumpuk, keausan komponen mesin dan umur mesin yang telah tua, salah satunya merupakan pada stasiun gilingan. Data selama musim giling pada tahun 2021 di mesin deflektor fibrizer stasiun giling terjadi donwtime 206,05 jam. Untuk mengukur efisiensi mesin pada mesin deflektor fibrizer menggunakan metode OEE dan upaya perbaikan menggunakan Kaizen. Berdasarkan perhitungan nilai terndah pada bulan Oktober sebesar 87% faktor Setup and Adjusment
sebesar 12,69% yang mempengaruhi rendahnya nilai OEE, dan tertinggi pada bulan September 98%. Untuk mengurangi downtime losses yaitu usulan perbaikan melakukan peremajaan mesin/mengganti dengan yang baru, Melakukan pengecekan rutin dan terjadwal, perbaikan Mengecek berulang mesin/peralatan sehabis diperbaiki serta adanya pengawasan, perbaikan Melakukan pemasangan secepatnya, perbaikan Membuat
buku panduan kecil dan melakukan pengawasan oleh mandor, perbaikan Menghitung dengan teliti tebu yang tersisa untuk merencanakan jumlah giling dihari berikutnya, perbaikan Perencanaan oleh pihak manajemenen, Melakukan sosialisasi ke para sopir logistik agar membersihkan

Keywords

tpm, oee, Kaizen, losses, fishbone

Full Text:

PDF

References

E. Nursubiyantoro, P. Puryani, and M. I. Rozaq, “Implementasi Total Productive Maintenance (Tpm) Dalam Penerapan Overall Equipment Effectiveness (Oee),” Opsi, vol. 9, no. 01, p. 24, 2016, doi: 10.31315/opsi.v9i01.2169.

C. Gunawan, “UNTUK MENURUNKAN DEFECT PADA PROSES MACHINING DI PT . MITSUBISHI ELECTRIC AUTOMOTIVE INDONESIA ( MEAINA ) Oleh Laporan Skripsi disampaikan kepada Fakultas Teknik akademik mencapai gelar Sarjana Teknik Program Studi Teknik Industri,” 2020.

C. V Ridho, I. Duri, I. Ambia, and M. I. Hamdy, “Penentuan Waktu Dan Biaya Perawatan Preventif Pada Mesin Bubut Krisbow Cdl-6251,” pp. 1–11, 2016.

N. K. Irsan, “UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA,” J. Pembang. Wil. Kota, vol. 1, no. 3, pp. 82–91, 2018.

H. Simorangkir, “Peningkatan efektifitas mesin blowing berdasarkan evaluasi overall equipment effectiveness dan fmea pada industri manufaktur plastik,” 2015.

M. Haikal, “Analisis Sistem Perawatan Silinder Bucket Excavator Kobelco Sk-200-8s Dengan Metode Total Productive Maintenance (TPM),” Maintenance, p. 81, 2019.

I. N. Azizah, R. Lestari, and H. H. Purba, “Penerapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Penerapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Konsumen pada Industri Komponen Otomotif,” vol. 19, no. August, 2018, doi: 10.22219/JTIUMM.Vol19.No2.127-136.

A. Oktafianto and D. Puspitasari, “Analisis Efektifitas Mesin Berdasarkan Perhitungan Nilai Overall Equipment Effectiveness pada Mesin Pembuat Rokok ( Single Procession Unit 02 dan Single Procession Unit 03 ) di PT Djarum,” Ind. Eng. Online J., vol. Vol. 6, No, pp. 1–11, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.