PEMODELAN DAN ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENUMPANG DAN PERGESERAN PUSAT GRAVITASI TERHADAP RESPON DINAMIS TRANSIEN KENDARAAN

Miftahul Ulum, Ardi Noerpamoengkas, Gatot Setyono, Moch. Rhizky Ariyansyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kendaraan bermotor roda empat dan roda dua yang menggunakan sistem suspensi bermacam-macam jenisnya. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah "Apakah pergeseran letak titik pusat gravitasi dan bertambahnya jumlah penumpang berpengaruh pada respon dinamis transien kendaraan?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergeseran titik pusat gravitasi dan banyaknya jumlah penumpang terhadap respon dinamis transien kendaraan. Dalam penelitian ini menggunakan model kendaraan setengah mobil dengan tiga tempat duduk dan data parameter diambil dari salah satu journal internasional. Metode penelitian menggunakan analitik matematik dengan software numerik yang terintegrasi dengan Simulink. Hasil grafik respon yang telah didapat dan dianalisa menunjukkan bahwa pergeseran letak titik pusat gravitasi dan bertambahnya jumlah penumpang mempengaruhi respon dinamis transien kendaraan, semakin jauh letak titik pusat gravitasi dari titik massa maka respon displacement, velocity, dan acceleration dari massa tersebut akan semakin besar dan semakin banyak jumlah penumpang maka respon displacement, velocity, dan acceleration dari tempat duduk penumpang akan semakin rendah.

Keywords

pemodelan; analisis; pusat gravitasi; jumlah penumpang; transien

Full Text:

PDF

References

Karyasa, Thungga B. 2010. “Dasar-Dasar Getaran Mekanis”. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Faheem, Ahmad. dkk. 2006. “The Suspension Dynamic Analysis for a Quarter Car Model and Half Car Model”. Dhaka: 3rd BSME-ASME International Conference on Thermal Engineering.

Hassan, Gallal A. “Car Dynamics using Quarter Model and Passive Suspension, Part I: Effect of Suspension Damping and Car Speed”. International Journal of Computer Techniques – Volume 1 Issue 2, 2014.

Rao, Singiresu S. 2010. “Mechanical Vibrations Fifth Edition”. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Gillespie, Thomas D. 1992. “Fundamentals of Vehicle Dynamics”. Warrendale, Pensylvania: Society of Automotive Engineers, Inc.

Abbas, Wael. dkk. 2013. “Optimal Seat and Suspension Design for a Half-Car with Driver Model Using Genetic Algorithm”. Online Publish: Scientific Research.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.