STRATEGI PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT

Fandi Pratama Putra, Niluh Putu Hariastuti

Abstract


Bakmi Jogja Depot Agung merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor kuliner. Produk unggulan dari Bakmi Jogja Depot Agung adalah bakmi goreng, nasi goreng dan sop ayam. Pemilik usaha ini memiliki tujuan untuk menyebarluaskan produk dan membuka cabang baru. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha merancang strategi baru untuk mengembangkan model bisnisnya dengan pendekatan Busines Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Pada tahap awal dilakukan pemetaan model bisnis dengan BMC terhadap strategi yang di jalankan pemilik usaha, kemudian dikombinasikan dengan analisis SWOT untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal. Hasil dari penelitian ini yaitu Bakmi Jogja Depot Agung memiliki 12 faktor lingkungan internal dan 11 faktor lingkungan eksternal yang teridentifikasi dalam matrik IFAS dengan total nilai skor sebesar 3,49 dan EFAS dengan total nilai skor sebesar 3,64 serta pada diagram SWOT posisi kuadran strategi yang dimiliki berada di kuadran II. Strategi yang disarankan berdasarkan matrik SWOT dan diagram SWOT adalah strategi ST yaitu mengoptimalkan segala kekuatan (S) yang dimiliki untuk menghadapi berbagai ancaman (T) yang ada. Tahap akhir dari penelitian ini yaitu perancangan BMC baru berdasarkan hasil analisis SWOT yaitu dengan menambah alternatif strategi pada elemen Value Proposition dan elemen Channel serta meningkatkan strategi pada elemen Customer Relationship.


Keywords


Analisis SWOT; Business Model Canvas; Model Bisnis; Strategi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Z. Zaratrzhembsky. “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas & SWOT,” pp. 141–149, 2020.

H. Gustrian and S. E. Fitria, “Analisis Model Bisnis Pada Jalanesia Dengan Pendekatan Businessmodel Canvas,”, pp. 185–194, 2014.

F. Wijaya, “Formulasi Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas, , pp. 205–212, 2019,

R. D. Hudiya, “Formulasi Perancangan Model Bisnis Sebagai Pengembangan Usaha Menggunakan Pendekatan Business Model Formulation Of Business Model Designation As A Business Rifki Dwiman Hudiya , 2 ) pp. 3112–3119, 2018.

A. Ramadhan and F. R. Sofiyah, “Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran,” pp. 1–5, 2018.

Osterwalder, “Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru,” pp. 123–131, 2017.

F. N. Baity, “10 Manfaat Menggunakan Bisnis Model Kanvas (BMC),” 2017, /.

H. Nazarudin, Manajemen Strategik. 2019.

Niluh Putu Hariastuti, “Analisis Strategi Bisnis Yang Tepat Bagi Ikm Tas Gadukan Morokrembangan Surabaya Jawa Timur, pp. 1–8, 2014.

Y. Diyanti, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Tahu Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan,” pp. 121, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.