ANALISA PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL ROUTING AODV, DSDV, DAN DSR PADA JARINGAN MOBILE AD-HOC NETWORK (MANET)

Wachid Ismail Amrullah, Dian Puspita Hapsari, Siti Agustini

Abstract

Mobile ad-hoc network atau kepanjangan dari MANET merupakan salah satu jaringan yang terdiri dari beberapa perangkat dinamis antara lain disebut node tanpa perlu infrastruktur jaringan yang tetap, sehingga menjadikan jaringan yang bersifat sementara. Menurut performa dan fungsinya, protokol routing pada MANET dibagi menjadi tiga kelas yaitu table-driven (proactive), on-deman (reactive), dan hybrid. Perbedaan dari dari masing-masing protokol adalah dari algoritmanya yang menjadikan perbedaan efektifitas kerja jaringan saat diterapkan di wilayah yang miliki luas area berbeda. Luas area dan jumlah node dan kecepatan mobilitasnya merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja protokol routing pada MANET. Dari masing-masing jenis tersebut mempunyai karakteristik kekurangan dan kelebihanya. Pada penelitian kali ini menekankan pengimplementasian protokol routing AODV, DSDV dan DSR. Ketiga protokol routing tersebut akan dilakukan simulasi menggunakan Network Simulator 2 (NS2) dengan mempunyai luas area dan jumlah node yang berbeda. Kinerja dari ketiga protokol routing tersebut akan diuji dan dianalisa menggunakan beberapa parameter yaitu packet delivery ratio, throughtput, dan end to end delay. Dari penelitian ini menghasilkan analisa kesimpulan bahwa ketiga routing protocol tersebut jika diukur menggunakan packet delivery ratio dan throughput maka yang terbaik adalah protokol routing AODV, dan jika diukur dengan end to end delay maka DSR yang terbaik jika dibandingkan dengan DSDV.

Keywords

AODV; DSDV; DSR; MANET; NS2

Full Text:

PDF

References

F. A. Rosyada, “Implementasi Pendeteksian dan Pencegahan Serangan Black Hole dengan Memanfaatkan Hop Count dan Neighbor Information pada Jaringan MANET,” 2017.

S. Agustini, “Desain Mobile Ad-Hoc Network ( Manet ),” vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2018.

H. Hartadi and I. Nurcahyani, “Analisis Perbandingan Kinerja Routing Protocol Aodv Dan Dsr Terhadap Serangan Black Hole Pada,” 2018.

E. P. Laksana, R. A. Siregar, and A. Basuki, “Pengaruh Serangan Rushing Terhadap Protocol Ad Hoc On Demand Distance Vector ( AODV ) pada Jaringan Mobile Ad Hoc Networks ( MANET ),” vol. 3, no. 10, pp. 9823–9831, 2019.

K. T. Komputer, P. Studi, T. Informatika, J. T. Informatika, F. I. Komputer, and U. Brawijaya, “ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL AOMDV , DSDV , DAN ZRP SEBAGAI PROTOKOL ROUTING PADA MOBILE AD-HOC NETWORK ( MANET ) memperoleh gelar Sarjana Komputer Disusun oleh :,” 2018.

D. S. Ramadhani and R. Anggoro, “Studi Perbandingan Kinerja Model Transmisi TwoRayGround dan Nakagami pada OLSR di Lingkungan MANET menggunakan NS-2,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, 2016, doi: 10.12962/j23373539.v5i2.18921.

T. Bhatia and A. K. Verma, “QoS Comparison of MANET Routing Protocols,” no. August 2015, 2016, doi: 10.5815/ijcnis.2015.09.08.

H. E. Wahanani, J. T. Informatika, F. T. Industri, N. Disjoint, and N. D. Path, “KINERJA PROTOKOL DSR PADA JARINGAN MANET DENGAN METODE NODE DISJOINT AND ALTERNATIVE MULTIPATH.”

M. Nurusshobah, P. H. Trisnawan, and K. Amron, “Analisis Kinerja Protokol Routing Dynamic MANET On-Demand ( DYMO ) dan Cluster Based Routing Protocol ( CBRP ) pada Mobile Ad-Hoc Network ( MANET ),” vol. 3, no. 4, pp. 3563–3572, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.