PEMETAAN GEOLOGI DAN ANALISIS PETROGRAFI UNTUK MENENTUKAN DIAGENESA BATUGAMPING PADA FORMASI PASEAN DAERAH GULUK-GULUK DAN SEKITARNYA KABUPATEN SUMENEP PROVINSI JAWA TIMUR

Rio Pidi Sugiharto, Jusfarida Jusfarida

Abstract

Daerah penelitian terletak di Daerah Guluk-Guluk dan Sekitarnya Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur dengan objek penelitian berupa batugamping Formasi Pasean. Pada daerah penelitian memiliki singkapan batugamping  yang cukup melimpah dan menarik untuk dijadikan objek penelitian, karena perkembangan batugamping yang sangat sensitif terhadap perubahan keadaan geologi, Secara umum litologi yang ditemukan yaitu batugamping pasiran pada Formasi Pasean dan batugamping terumbu pada Formasi Madura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengamatan lapangan, Pengambilan sampel, Analisis sayatan petrografi, Analisis mikrofosil. Hasil Penelitian dari 9 sampel sayatan petrografi didapatkan fasies yaitu fasies Rudstone, fasies Floatstone, fasies Calcareous Lithic Wacke, fasies Wackestone, fasies Packstone dengan proses diagenesis berupa micritisasi microbial, kompaksi, sementasi dan pelarutan yang menandakan bahwa Formasi Pasean  pernah ada padalingkungan diagenesis Marine phreatic, Burial, Meteoric phreatic, danMeteoric vadose.Berdasarkan hasil analisis mikrofosil Formasi Pasean di daerah telitian berumur ( N13-N15 Miosen Tengah-Atas) lingkungan pengendapan berada pada Inner neritic-Middle neritic (0-50m,0-100 m).

Keywords

Diagenesis; Batugamping; Formasi Pasean; Umur; Lingkungan Pengendapan

Full Text:

PDF

References

Maluka dkk. 2017. Analisis diagenesis batuan karbonat dengan metode petrografi studi kasus batugamping Formasi Baturaja DesaLubuk dalam Kec. Lengkiti, Kab. Ogan komering Ulu, Sumatera Selatan. Makalah. Dalam: Seminar Nasional Kebumian Ke-10 di GRHA SABHA PRAMANA Universitas Sriwijaya, 13-14 September 2017.

Situmorang dkk. 1992, Peta Geologi Lembar Waru Sumenep, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Dunham, R.J. 1962. Classification of Carbonate Rocks According to DepositionalTexture. The America Association of Petroleum Geologists Bulletin.

Flugel, E., 2004. Microfacies of Carbonat Rock. Springer, Inc, New York.

Koesoemadinata, R.P., 1985, Prinsip-Prinsip Sedimentasi, DepartemenTeknik Geologi, Institut Teknologi Bandung.

Junursyah dkk. 2018. Studi mikrofacies dan diagenesis batugamping dari Formasi Tetambahu sebagai mikrokontinen mesozoikum di daerah Teluk Tomori. Jurnal Geologi Kelautan, Volume 16, Nomor 1, Juni 2018.

Longman, M. W. 1980. Carbonat Diagenetic Texture From Nearsurface Diagenetic Environment. Buletin AAPG.

Tucker, M.E dan Wright, V.P., 1990. Carbonat Sedimentology. London,Blackwell Scientifie Publications.

Longman, M.W., 1980. Carbonate diagenetic textures from nearsurface diagenetic carbonates. Am. Assoc. Petroleum Geologist Bull., v. 64:461-487.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.