ANALISIS KONFLIK YANG BERPOTENSI MENYEBABKAN KECELAKAAN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : PERSIMPANGAN JALAN RAYA RUNGKUT MENANGGAL – JALAN KYAI ABDUL KARIM KOTA SURABAYA)

Mutiara Firdausi, Albert Kevin Orlando Dacosta

Abstract

Transportasi merupakan sebuah sarana yang sangat penting dan dibutuhkan oleh hampir setiap
kalangan masyarakat yang tentunya dapat meningkatkan mobilitas masyarakat sehingga
diperlukan peningkatan sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Dengan adanya
peningkatan tersebut menyebabkan kenaikan volume lalu lintas pada sebuah jalan atau
persimpangan yang meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan. Potensi kecelakaan tersebut
dapat terjadi dikarenakan konflik-konflik antar pengguna jalan yang melintasi persimpangan
khususnya persimpangan tak bersinyal. Maka untuk mengetahui konflik-konflik yang ada
tersebut dapat dilakukan analisa yang salah satunya menggunakan metode Traffic Conflict
Technique (TCT). Metode TCT adalah metode yang mengobservasi dengan cara mendata
kecelakan yang hampir terjadi (near-missed accident) dan melihat pola sebelum terjadinya
kecelakaan. Dalam metode TCT terdapat dua jenis konlik yaitu serious conflict dan non-serious
conflict yang ditentukan berdasarkan dua variable yaitu kecepatan (v) dan jarak antara kendaraan
sebelum terjadinya tabrakan (d) yang menghasilkan nilai Time to Accident (TA). Lokasi studi
dilakukan pada persimpangan Jalan Raya Rungkut Menanggal dan Jalan Kyai Abdul Karim Kota
Surabaya yang merupakan simpang tak bersinyal yang berpotensi adanya kecelakan. Hasil dari
survey yang dilaksanakan memperoleh jumlah konflik sebanyak 62 kejadian dengan tingkat
serious conflict. Jenis konflik yang terjadi antara lain Berpotong (Crossing) 67.74%, Bergabung
(merging) 20.96% dan Berpencar (diverging) 11.3%. Solusi perbaikan yang diberikan untuk mengurangi konflik yaitu dengan penambahan zebra cross untuk pelajan kaki dan beberapa rambu lalu lintas.

Keywords

Transportasi; TCT; Near-missed accident

Full Text:

PDF

References

Hyden, Ch., 1987. The Development of a Method for Traffic Safety Evaluation : The

Swedish Traffic Conflict Technique. Swedia : Lund University of Technology.

Silalahi, A.G.T.P., 2012. Upaya Peningkatan Keselamatan Simpang Tiga Dengan Metode

Traffic Conflict Technique (TCT) Studi Kasus : Jalan Kemakmuran – Jalan Tole Iskandar.

Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Fitrianto, A.S. 2012. Upaya Peningkatan Keselamatan Simpang Jl. Kebayoran Lama - Jl.

Letjend Soepono dengan Metode Traffic Conflict Technique (Near-missed Accident). Depok

: Fakultas Teknik UI.

Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung :

Penerbit ITB.

Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta, 1997.

Departemen Perhubungan, Panduan Penempatan Fasilitas Perlengkapan Jalan, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 13, Rambu Lalu Lintas, Jakarta, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.