ZONASI KAWASAN KARST MENGGUNAKAN ANALISIS CITRA SATELIT LANDSAT 8 DI KECAMATAN GULUK-GULUK, KABUPATEN SUMENEP, PROVINSI JAWA TIMUR

Haris Saktiawan, Hendra Bahar

Abstract

Kawasan karst adalah kawasan batugamping yang mengalami atau telah mengalami karsifikasi karena kegiatan pelarutan oleh air, kawasan ini memiliki tiga unsur utama yang bersifat strategis, yaitu mempunyai kandungan nilai ilmiah, ekonomi, dan nilai kemanusiaan yang tinggi. Penelitian ini lebih diarahkan untuk meneliti di bagian Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, karena kurangnya penelitian mengenai karst di wilayah ini, sehingga penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi zona kawasan dan morfologi karst menggunakan analisis citra satelit pengindraan jauh Landsat 8. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pemetaan kawasan karst dari analisis citra satelit Landsat 8 dan pengecekan/survei lapangan kawasan karst. Analisis citra satelit meliputi interpretasi citra, komposit band, dan klasifikasi kawasan karst. Survei lapangan meliputi deskripsi batuan penyusun di lapangan untuk disebandingkan dengan hasil analisis citra satelit. Hasil interpretasi citra satelit Landsat 8 dan hasil survei lapangan, zona A masuk pada kawasan karst kelas 2, zona B didominasi dataran rendah termasuk kawasan karst kelas 3, zona C masuk pada kawasan karst kelas 2, zona D termasuk kawasan karst kelas 3.

Keywords

karst; zonasi; Landsat 8; komposit.

Full Text:

PDF

References

Indrastomo, F. D., Sukadana, I. G., Saepuloh, A., Harsolumakso, A. H., dan Kamajati, D., 2015, Interpretasi Vulkanostratigrafi Daerah Mamuju Berdasarkan Analisis Citra Landsat-8, Buletin Eksplorium vol. 36 no. 2.

Keputusan Menteri ESDM No. 1456 K/20/MEM/2000, Tentang Pedoman Pengelolaan Kawasan Karst.

Budiyanto, E., 2016, Keterkaitan Kondisi Fitur Permukaan Karst yang Diperoleh Dari Data Citra Penginderaan Jauh Dengan Kualitas Air Bawah Tanah di Gunungsewu Bagian Barat, Jurnal Geografi vol. 14 no. 2.

Samodra, H., 2001, Nilai Strategis Kawasan Kars di Indonesia: Pengelolaan dan Perlindungannya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

USGS, 2013, www.usgs.gov/landsat, dikunjungi pada tanggal 29 Juni 2021, jam 15.00 WIB.

Verstappen, H. Th., 1985, Applied Geomorphological Survey and Natural Hazard Zoning, ITC Syllabus, The Netherlands.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.