PERENCANAAN DEMAND DAN KEBUTUHAN TOLL GATE PROBO-WANGI

Nafilah El Hafizah, Joudri Rudi Sairlela

Abstract


Jalan tol merupakan bagian dari suatu sistem jaringan jalan nasional yang dikhususkan untuk kendaraan minimal 2 gandar dimana pengguna jalan tol harus membayar sesuai golongan dan tarif yang berlaku. Tujuan perencanaan gerbang tol Probolinggo-Banyuwangi untuk mendapatkan volume kendaraan rencana yang akan ditampung dan kebutuhan gardu tol pada tahun 2024 dan 2034. Perencanaan gerbang tol ini menggunakan metode Multi Channel Single Phase dan menggunakan disiplin antrian First In First Out (FIFO). Dalam perhitungan perencanaan gerbang tol ini nantinya akan merencanakan gerbang tol Otomatis danĀ On Board Unit. Dimana pada toll gate Probolinggo-Banyuwangi terdapat 7 seksi gerbang tol. Pada perhitungan di tahun 2024, panjang antrian pada tiap toll gate sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerja Umum Republik Indonesia Nomor 16/PRT/M/2014, untuk jumlah kendaraan terdapat jumlah kendaraan terkecil pada toll gate Situbondo berjumlah 23 kendaraan dengan jumlah toll gate, arah masuk dan keluar terdapat 1 toll gate Otomatis, 1 toll gate OBU, untuk jumlah kendaraan terbanyak terdapat pada gerbang tol Ketapang sebesar 1058 kendaraan dengan jumlah gerbang tol, arah masuk dan keluar terdapat 1 toll gate On Board Unit, 2 GTO. Kemudian untuk tahun 2034, akan terjadi panjang antrian pada toll gate Bajulmati dan toll gate Krakasan.

Keywords


Perencanaan; toll gate; toll gate Otomatis dan On Board Unit; Antrian

Full Text:

PDF

References


Almira Mili Rizkia, Ir. Achmad Faiz Hadi Prajitno, M.T, 2017. Model Pemilihan Rute Antara Jalan Tol

Dan Jalan Nasional Pasuruan- probolinggo Menggunakan Model Kurva Diversi. Repository Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

M. Fakhruriza Pradana,dkk, 2017. Perencanaan Ulang Kebutuhan gardu Tol Pada Gerbang Tol Cikande. Jurnal Fondasi, Jurnal Teknik Sipil. Volume 6 No.2

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 370-KPTS-M-2007 Tahun 2007 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Pada Ruas Jalan Tol Yang Sudah Beroperasi Dan Besarnya Tarif Tol Pada Beberapa Ruas Jalan Tol.

M. Zainul Arifin, Devina Candra Puspita Rini. 2021. Perencanaan Jumlah Toll Gate. Jurnal Rekayasa Sipil Volume 15 No. 1 Februari 2021.

Anggrainy Septianingrum dan Hera Widyastuti, 2019. Perencanaan Gerbang Tol pada Jalan Tol

Serpong-Cinere Ruas JORR 2 Jakarta. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 8, No. 2, (2019) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print.

Kakiay,T.J. 2004. Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Penerbit Andi Offset.

Subagyo, P. Asri M. dan Handoko T. H. 1992. Dasar-dasar Operation Research. Yogyakarta: BPFE

Sufanir, A. M. S., 2017. Efektivitas Gardu Tol Otomatis (GTO) Buah Batu Ditinjau dari Kecepatan Transaksi Rata-Rata. Simposium II UNIID 2017, 2(1), 338-342.

Sugito, S. Model Antrean Normal Dan Triangular (Studi Kasus: Gerbang Tol Tembalang Semarang), 2017. MEDIA STATISTIKA, 10(2), 107-117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.