Evaluasi Pengangkutan Sampah Di Kelurahan Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep

Tsaniyatul ‘Ulyah, Ro’du Dhuha Afrianisa

Abstract

Kabupaten Sumenep merupakan daerah dengan kepadatan penduduk mencapai 537 orang/km2 dan rata-rata laju pertumbuhan penduduk 0,74% . Adanya peningkatan jumlah penduduk dan kegiatan masyarakat yang menghasilkan sampah juga menyebabkan meningkatnya sampah di perkotaan. Sistem pengumpulan sampah yang dilakukan di Kabupaten Sumenep telah berjalan namun belum ada evaluasi mengenai pengangkutan sampah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keefektifan dalam pengangkutan sampah di Kabupaten Sumenep serta merekomendasikan sistem pengangkutan sampah di Kabupaten Sumenep. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan perlu untuk dilakukan dengan melakukan survei terhadap rute pengangkutan sampah. Pola Pengangkutan sampah yang dilakukan di DLH Kab. Sumenep menggunakan pola SCS. Proses pengangkut sampah di Kabupaten Sumenep masih kurang efektif untuk TPS yang memiliki laju timbunan sampah yang besar. Jumlah ritasi rata-rata yang dilakukan yaitu 1 rit/hari. Jumlah ritasi yang efektif pada lokasi Pabian yaitu 3 rit/hri maka dari itu perlu adanya penambahan SDM dan fasilitas yang memadai di setiap kecamatan.

Keywords

jumlah ritasi; laju timbulan; pola pengangkutan sampah

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumenep. Kabupaten Sumenep Dalam Angka 2021. Sumenep. 2021

R. J. Kaushal, G. K. Varghese, dan M. Chabukdhara, “Municipal solid waste management in india-current state and future challenges: a review”, International Journal of Engineering Science and Technology (IJEST), 4 (04), 1473, 2012

I. Hartono dan Gusniani, “Perencanaan Sistem Pengelolaan Persampahan”, Jakarta : Universitas Indonesia Press, 2000.

E. Damanhuri, “Diklat Pengelolaan Sampah”, Bandung : Teknik Lingkungan Teknologi Bandung (Itb), 2010.

. Das, Dan B. .Bhattacharyya, “O ti ization Of Munici al olid Wast oll ction And Transportation Routes”, Waste Management, Vol. 43 (9-18), 2015.

G. Greco., M. Allegrini., C. D. Lungo., P. G. Savellini., dan L. Gabellini, “Drivers of solid waste collection costs. Empirical evidence from Italy”, Journal of Cleaner Production, Vol. 106 364-371, 2015.

Y. T. Huang, T. C. Pan, dan J.J. Kao, “Performance assessment for municipal solid waste collection in Taiwan”, Taiwan: Journal of Environmental Management, Vol. 92, No. 4 1277±1283, 2011.

M. harholy, . Ah ad, G. Mah ood Dan R. .Tri di,”Munici al olid Wast Management In India Cities-A R i w,”Wast Management, Vol.28,N0 2(459-469),2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.