PEMODELAN DAN ANALISIS PENGARUH JARAK DVA, KECEPATAN, DAN KEDALAMAN CELAH TERHADAP SIMPANGAN MAKSIMUM RESPON GETARAN PADA GERBONG KERETA API ARAH ROTASI DAN TRANSLASI

Wahyu Mas Fiqih, Ardi Noerpamoengkas

Abstract


Sistem dapat memiliki respon getaran berlebih jika frekuensi pengganggu sistem  tersebut  mendekati frekuensi naturalnya. Getaran berlebih ini dapat menimbulkan kerusakan, sehingga perlu dikurangi. Salah satu cara adalah dengan memberi DVA (Dynamic Vibration Absorber) pada sistem. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi getaran sistem tanpa dan dengan DVA. Penelitian ini menggunakan model sistem getaran pada gerbong kereta api dengan penambahan SDVA (Single Dynamic Vibration Absorber), diasumsikan bahwa terdapat eksitasi berupa permukaan rel yang tidak rata akibat sambungan rel yang kurang baik dan diberikan pada salah satu sisi bagian rel. Pada penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kedalaman celah, kecepatan gerbong, dan jarak DVA pada sambungan rel. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan pada variasi kedalaman celah jika semakin dalam celah sambungan rel maka respon displacement akan semakin besar dengan nilai simpangan maksimum sebesar 0.003996 rad/s, pada variasi kecepatan jika semakin cepat laju kereta maka respon displacement akan semakin kecil dengan nilai simpangan maksimum sebesar 0.005992 rad/s pada variasi jarak DVA semakin jauh jarak DVA maka respon displacement akan semakin besar dengan nilai simpangan maksimum sebesar 0.004016 rad/s dan nilai dengan tanpa menggunakan DVA sebesar 0.004776 rad/s. Tren respon arah translasi sama dengan tren respon arah rotasi, dengan kondisi jarak tinjauan-pusat massa yang sama.


Keywords


Getaran rotasi; getaran translasi; kereta api; Single Dynamic Vibration Absorber

Full Text:

PDF

References


Y. Fitri, Y. Fitri, and Y. Susatio, “Simulasi Peredaman Getaran Mesin Rotasi Menggunakan Dynamic Vibration Absorber (DVA),” J. Tek. ITS, vol. 2, no. 2, pp. D108–D112, 2013.

Susastro, “Pengaruh Perubahan Posisi Masa SDVA Dari Titik Berat Masa Utama Terhadap Karakteristik Getaran Translasi Dan Rotasi Sistem Utama 2 DOF,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

R. B. Kurniawan, “Studi Eksperimen dan Analisa Reduksi Respon Getaran Translasi dan Rotasi dengan Menggunakan Dynamic Vibration Absorber (DVA) Model Beam,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Vincent, “Pemodelan dan Analisa Reduksi Respon Getaran Translasi dan Rotasi Pada Sistem Utama Oleh Mekanisme Dynamic Vibration Absorber Model Beam dengan Pengaruh Posisi Peletakan Terhadap Pusat Massa Sistem Utama,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

L. Liu and W. Shao, “Design and Dynamic Response Analysis of Rail with Constrained Damped Dynamic Vibration Absorber,” Procedia Eng., vol. 15, pp. 4983–4987, 2011, doi: 10.1016/J.PROENG.2011.08.926.

T. X. Wu, “On the railway track dynamics with rail vibration absorber for noise reduction,” J. Sound Vib., vol. 309, no. 3–5, pp. 739–755, 2008, doi: 10.1016/J.JSV.2007.07.049.

S. Zhu, J. Yang, C. Cai, Z. Pan, and W. Zhai, “Application of dynamic vibration absorbers in designing a vibration isolation track at low-frequency domain:,” in Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part F: Journal of Rail and Rapid Transit, May 2017, vol. 231, no. 5, pp. 546–557.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “Pemodelan Pengaruh Frekuensi dan Amplitudo Eksitasi terhadap Respon Gerak dan Daya Mekanis Pendulum Vertikal pada Konverter Energi Gelombang Laut,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, 2015, pp. 201–210.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “PEMODELAN GERAK PENDULUM VERTIKAL PADA KONVERTER ENERGI GELOMBANG BERINERSIA TAMBAHAN SAAT RESONANSI,” J. IPTEK, vol. 21, no. 1, p. 61, May 2017.

M. Ulum, A. Noerpamoengkas, G. Setyono, and M. R. Ariyansyah, “PEMODELAN DAN ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENUMPANG DAN PERGESERAN PUSAT GRAVITASI TERHADAP RESPON DINAMIS TRANSIEN KENDARAAN,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 0, no. 0, pp. 267–272, 2017.

A. Rohman, “Pengaruh Perubahan Posisi Sumber Eksitasi Dan Massa Dva Dari Titik Berat Massa Beam Terhadap Karakteristik Getaran Translasi Dan Rotasi,” 2016.

A. Lostari, “Simulasi Peredam Getaran TDVA dan DDVA Tersusun Seri terhadap Respon Getaran Translasi Sistem Utama,” J. Mech. Eng. Mechatronics, vol. 2, no. 01, pp. 2017–2026, Jan. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.