PENERAPAN METODE HUFFMAN DALAM KOMPRESI DATA

Moch. Lazuardi Imani, Rani Rotul Muhima, Siti Agustini

Abstract


Kompresi data adalah ilmu yang menyajikan informasi dalam bentuk yang lebih ringkas. Tujuan dari kompresi adalah untuk mengurangi jumlah bit yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim data. Pada penelitian ini Algoritma Huffman diterapkan dalam kompresi dengan tujuan akan menghasilkan lebih banyak ruang dalam penyimpanan dan metode Huffman sangat unggul dalam pengompresian data teks. Data yang digunakan adalah data teks yang berukuran kurang atau sama dengan 1MB sampai 10 MB, 11MB sampai 20 MB, dan 21MB sampai 30MB. Hasil pengujian kompresi dengan menggunakan metode Huffman menunjukkan file yang berhasil dimampatkan lebih dari 45% ukuran sebelum dikompresi. Ratio pengujian memiliki range antara 46,53% untuk nilai terendah dan 47,08% untuk nilai tertinggi. 


Keywords


Data teks; Kompresi; Metode Huffman

Full Text:

PDF

References


Siahaan, Adyansyah Putera Utama, “Implementasi Teknik Kompresi Teks Huffman,” Jurnal Informatika., vol. 10, no. 2, Juli 2016.

Pujianto et al., “Perbandingan Metode Huffman dan Run Length Encoding Pada Kompresi Document, ” INFOTEKJAR: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan., vol. 5 no.1, September 2020.

Zuhriyah, Sitti, “Penggunaan Pohon Biner Huffman untuk Kompresi Data Teks,” Jurnal IT STMIK Handayani., vol. 15, Desember 2014.

Pattiasina, Timothy John, “Analisa Kode Huffman untuk Kompresi Data Teks,” TEKNIKA., vol. 1, no. 1, Juli 2012.

Suchendra, Devie R. dan Sandra Wulandari, “Implementasi Kompresi Data Text Menggunakan Huffman Coding,” Jurnal LPKIA., vol. 1, no. 1, Desember 2012.

Sunardi, Samsu Alam, dan Suci Rahma Dani, “Implementasi Aplikasi Kompresi Data dengan Metode Huffman Code,” PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI., vol. 8, no. 2, Agustus 2019.

Komala, Margaret Lydia, dan Maria A. K., “Analisis Kinerja Kompresi untuk Data Bertipe Teks dengan Menggunakan Algoritma Lossless Compression,” Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), Januari 2017.

Yansyah, Dedek Andri., “Perbandingan Metode Punctured Elias Code dan Huffman pada Kompresi File Text,” Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Desember 2015.

Pahdi, Akhmad., “Algoritma Huffman dalam Pemampatan dan Enksripsi Data,” Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 6, no. 3, 2017.

Latifah, Fitri., “Penerapan Algorithma Pohon untuk Operasi Pengolahan dan Penyimpanan Data Dalam Teknik Pemrograman ( Kajian Algorithma Pohon pada Teknik Pemrograman),” Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.