Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Kerusakan Sepeda Motor Berbasis Web Menggunakan Model V

Christian Eko Yunianto, Andy Rachman, Rahmi Rizkiana Putri

Abstract


Sistem pakar pendeteksi kerusakan sepeda motor dibutuhkan untuk menggantikan posisi seorang pakar yang sudah ahli didalam mendiagnosa kerusakan sepeda motor dan dapat memecahkan permasalahan kerusakan sepeda motor yang dialami oleh pengguna manapun. Permodelan yang digunakan untuk pengembangan aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan sepeda motor ini menggunakan permodelan V. Model V digunakan oleh peneliti diakrenakan karakteristik model V yang fleksibel dan pas jika digunakan untuk skala development yang tidak terlalu besar. Untuk proses diagnosa kerusakan sepeda motor sendiri menggunakan metode Certainty Factor dimana metode Certainty Factor tersebut bisa memutuskan kerusakan apa yang terjadi pada sepeda motor melalui gejala gejala yang dirasakan pada sepeda motor tersebut. Dari percobaan yang telah dilakukan, Aplikasi yang dikembangkan telah mampu mendeteksi kerusakan sepeda motor dengan ketepatan pendeteksian sebesar 99% dan aplikasi telah mendapatkan penilai dari pengguna sebesar 71,64% yang berarti aplikasi layakdigunakan untuk mendeteksi kerusakan kendaraan bermotor.

Keywords


Sistem pakar; model V; pendeteksi kerusakan; sepeda motor

Full Text:

PDF

References


M. Nilmanda, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN SEPEDA MOTOR,” UG Jurnal, vol. VII, 2013.

S. R. E. P. dan L. M. , “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Bebek Dengan Metode Simple Additive Weighting,” IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 2018.

A. Rachman, B. E. Prasetyo dan M. A. Ferdiansyah, “Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Matematika "Momon Math Run" Berbasis Dekstop Menggunakan Model Waterfall,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan Institut Adhi Tama Surabaya, vol. VII, 2019.

K. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, 2016.

A. Rachman, M. Y. Purwanto dan h. nugroho, “Development of Educational Games for The Introduction of Fruits and Vitamins,” Journal of Educational Science and Technology, vol. 5, 2019.

A. D. Herlambang, A. Rachmadt, K. Utami, R. I. Hakim dan N. Rohmah, “PENGEMBANGAN FITUR E-MATUR DENGAN V-MODEL SEBAGAI ALAT PENGADUAN PUBLIK UNTUK WEBSITE BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.