KAJIAN PENGOLAHAN LIMBAH LAUNDRY (STUDI KASUS INDUSTRI LAUNDRY HANCABARASIH DI KOTA MALANG)

Pratama Sandi Alala, Silvia Ramadhani Silvia

Abstract

Salah satu pencemaran lingkungan di perairan yaitu limbah domestik termasuk yang berasal dari limbah Laundry. Limbah Laundry langsung disalurkan ke saluran drainase yang akhirnya akan mengalir ke badan air. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengolah limbah Laundry yaitu metode adsorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai penyisihan Fosfat, COD dan MBAS pada limbah Laundry dengan menggunakan zaolit termodifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan pengadukan dengan kecepatan 160 rpm menunjukkan hasil yang maksimal yaitu seluruh parameter berada di bawah baku mutu yang telah ditetapkan. MBAS menunjukkan angka 4,52 mg/L, Fosfat sebesar 0,18 mg/L, dan COD sebesar 33,61 mg/L.

Keywords

Limbah Laundry; Adsorpsi; Fosfat; COD; MBAS

Full Text:

PDF

References

P. Ardiyanto and M. G. C. Yuantari, “1. ANALISIS LIMBAH LAUNDRY INFORMAL DENGAN TINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL KECAMATAN PEDURUNGAN SEMARANG,” Jukung J. Tek. Lingkung., vol. 2, no. 1, Jun. 2016, doi: 10.20527/jukung.v2i1.1055.

Sri Widya Astuti and Mersi Suriani Sinaga, “PENGOLAHAN LIMBAH LAUNDRY MENGGUNAKAN METODE BIOSAND FILTER UNTUK MENDEGRADASI FOSFAT,” J. Tek. Kim. USU, vol. 4, no. 2, pp. 53–58, Jun. 2015, doi: 10.32734/jtk.v4i2.1471.

Ikhwan, Z., “Efektifitas Bio Sorben Keladi, Eceng Gondok Dan Batang Pisang Pada Kandungan Fosfat Limbah Laundry.”

Rachmawati, A. P., & Karnaningroem, “Pengolahan Air Limbah Laundry Dengan Reaktor Biofilter Dan Koagulasi Flokulasi.”

A. R. Utami, “Pengolahan Limbah Cair Laundry dengan Menggunakan Biosand Filter dan Activated Carbon,” vol. 13, p. 14, 2013.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), “UU Ketenagakerjaan No. 13 Th. 2003, PP No. 23 Th. 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).”

Peraturan Pemerintah Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, “PP No.31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.”

Dr. B. P. Abdi Mirzaqon T. S. Pd. ,. M. Pd, “STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING EXPRESSIVE WRITING.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.