PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA

Satria Gemamustika, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Perguruan tinggi adalah suatu pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian serta pengabdian masyarakat. Universitas Trunojoyo Madura sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Madura. Universitas Trunojoyo Madura mempunya visi dan misi yang harus didukung oleh sumber daya manusia yang mampu bersaing, kreatif, inovatif dan kompeten sehingga tujuan dan sasaran strategis yang telah dirancang dapat dicapai secara maksimal. Khususnya di Kantor Pusat atau Rektorat Universitas Trunojoyo Madura perlu melakukan pengukuran kinerja karyawan yang mengaitkan orang (SDM)-strategi-kinerja. Untuk menghasilkan unit lembaga pendidikan yang unggul dengan penerapan metode Human Resources Scorecard yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap lembaga pendidikan. Dalam studi ini, data diambil dari kuesioner dan penelitian dilakukan pada tenaga kependidikan (administrasi) di bagian Biro Umum dan Keuangan (BUK) dan Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Rektorat Universitas Trunojoyo Madura. Dalam merancang sebuah Human Resources Scorecard menggunakan perspektif Financial, Customer, Internal Bisnnis, Learning and Growth dan dari perspektif tersebut diberikan bobot dengan indikator menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Nilai pembobotan dari perspektif Financial sebesar 20,84 sehingga mendapatkan warna kuning yang berartiĀ  kinerja belum mencapai target. Selanjutnya untuk perspektif Customer sebesar 11,70 yang mana mendapatkan warna kuning yang bermakna kinerja belum mencapai target. Berikutnya perspektif Internal Bisnnis sebesar 26,89 yang mana mendapatkan warna kuning yang bermakna kinerja belum mencapai target. Dan nilai perspektif Learning and Growth sebesar 25,30 yang mana mendapatkan warna hijau yang bermakna kinerja telah mencapai target. Berdasarkan hasil tersebut yang telah memenuhi target adalah perspektif Learning and Growth dan untuk perspektif lain yang belum mencapai target perlu memberikan inisiatif-inisiatif yang membangun dan ditingkatkan komunikasi disemua lini atau aspek.


Keywords


kinerja sumber daya manusia; KPI; Human Resources Scorecard; Analytical Hierarchy Process

Full Text:

PDF

References


M. Hasibuan, S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Perkasa, 2002.

J. Susetyo, "Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Integrad Performance Measured System (IPMS) Pada PT.X," Jurnal Teknologi, vol. 6 No. 1, pp. 98-108, Juni 2013.

F. Queen, "Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia," Jurnal Teknik Industri, vol. 1, no. 4, pp. 347-351, Desember 2013 ISSN 2302-495X.

K. C. Darmadji, "Implementasi KPI dan Perancangan Sistem e-KPI pada PT. XYZ," Jurnal Titra, vol. 4 No. 2, pp. 151-156, Juli 2016.

Moeheriono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Revisi ed., Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

M. Ulfa, "ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD DI BMT LOGAM MULIA," Jurnal Ekonomi Syariah, EQUILIBRIUM, vol. 3, p. 2, Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.