PENERAPAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM PADA JALUR KURIR MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO) (STUDI KASUS JASA PENGIRIMAN DI SURABAYA)

Dwi Cipta Nugraha, Shah Khadafi

Abstract


Kebutuhan masyarakat akan jasa ekspedisi pengiriman sangat tergolong besar. Faktor yang mempengaruhi kinerja dari jasa ekspedisi tersebut adalah kurir. Seorang kurir ketika mengirim paket-paket pengantaran dituntut untuk menemukan alamat tujuan paket dengan cepat. Selain itu terkadang proses pendistribusian alamat-alamat pengiriman paket untuk masing-masing kurir tidak merata atau tidak imbang diakarenakan faktor pengawasan yang kurang tepat. Saat ini perkembangan dari masalah optimization terus berkembang. Permasalahan yang dihadapi perusahaan-perusahaan ekspedisi ini melibatkan metode optimization yang harus diselesaikan. Salah satunya Algoritma Ant Colony Optimization (ACO). Algoritma ini digunakan untuk membentuk rute pengiriman tercepat dari alamat-alamat paket yang akan dikirim oleh seorang kurir berdasarkan jalur yang dilalui oleh kawanan semut. Rute-rute tersebut akan membentuk sesuai dengan jalur perayapan dengan memanfaatkan nilai q random yang dari probabilitas dengan ukuran q random > 1. Dengan menggunakan Ant Colony Optimization (ACO) salah satu kurir yang harus menempuh jarak sejauh 100,43 km dan waktu tempuh 4,5 jam dapat di jangkau dengan jarak hanya sejauh 64,03 km dan waktu tempuh 3,5 jam. Kemudian hasil urutan-urutan rute kurir tersebut akan ditampilkan ke dalam Google Maps API untuk memudahkan pencarian alamat pengiriman.


Keywords


Optimization; Ant Colony Optimization; Kurir; Google Maps API; rute; pengiriman; tercepat

Full Text:

PDF

References


Shah Khadafi, “PEMBAGIAN DAN PERANCANGAN RUTE KURIR SECARA OTOMATIS MEMANFAATKAN QUANTUM-BEHAVED PARTICLE SWARM OPTIMIZATION DAN GOOGLE MAPS API DI SEBUAH EKSPEDISI,” SEKOLAH TINGGI TEKNIK SURABAYA, SURABAYA, 2016.

Deny Wiria Nugraha, Amriana, and Rieska Setiawati, “Implementasi Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) Pada Pencarian Jalur Terpendek Automatic Teller Machine (ATM) Di Kota Palu,” InfoTekJar J. Nas. Inform. Dan Teknol. Jar., vol. 4, no. 2.

S. Khadafi, “IMPLEMENTASI ALGORITMA PSO UNTUK PROBABILITAS URUTAN PENGIRIMAN PAKET PENGANTARAN KURIR,” p. 6, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.