PERANCANGAN KOMPLEKS PERDAGANGAN DAN PENGOLAHAN BUAH DURIAN DI WONOSALAM DENGAN TEMA ARSITEKTUR HIJAU

Abbi Ali Achmadi, Ika Ratniarsih, Wiwik Widyo Widjajanti

Abstract


Kecamatan Wonosalam berada di Kabupaten Jombang, yang terkenal dengan hasil pertanian buah durian. Jenis buah durian yang terkenal di Wonosalam adalah buah durian bido. Wilayah Wonosalam belum memiliki suatu tempat untuk memanfaatkan potensi durian yang ada. Jenis metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif, untuk studi banding terdiri dari studi literatur antara lain; Warso Farm di Bandung, Durianman SS2 di Malaysia, Graha Unilever di Banten, Woden Orchid di China, Wonderwoods di Belanda. Pada Perencanaan dan Perancangan Kompleks Perdagangan Dan Pengolahan Buah Durian ini, memiliki lokasi tapak di Jl. Raya Wonosalam-Bareng, dan memiliki luas lahan 3,5 hektar. Untuk batas pada tapak sebelah barat berbatasan dengan kebun durian, sebelah utara berbatasan dengan area hutan, sebelah timur berbatasan dengan permukiman serta di sebelah selatan berbatasan dengan kebun durian. Fasilitas Utama pada Kompleks Perdagangan Dan Pengolahan Buah Durian di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang adalah gedung pengolahan buah durian dan gedung perdagangan. Tema yang digunakan adalah Arsitektur Hijau, dimana pendekatan perencanaan bangunan yang berusaha untuk meminimalisasi berbagai pengaruh membahayakan pada kesehatan manusia dan lingkungan. Konsep makro adalah Adaptif, yaitu menyesuaikan kontur dan bentuk durian. Konsep mikro tatanan lahan rekreatif, mikro bentuk responsif, dan Mikro ruang  integrasi. Dengan konsep bentuk responsif diharapkan dapat merepresentasikan bentuk kulit durian pada atap bangunannya. Dan, dengan adanya proyek ini diharapkan dapat menunjang aktivitas perdagangan dan pengolahan buah durian dengan memperhatikan protokol kesehatan serta menerapkan prinsip Arsitektur Hijau


Keywords


Arsitektur hijau; Durian; Kompleks; Perdagangan; Pengolahan

Full Text:

PDF

References


M. G. G. Muhajjalin and A. F. Satwikasari, “KAJIAN PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA BANGUNAN MUSEUM GEOLOGI STUDI KASUS : MUSEUM FOSSA MAGNA JEPANG,” vol. 04, no. 1, p. 8, 2020.

I. Hariwijaya, “PENGARUH PERDAGNGAN INTERNASIONAL DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA,” 2018.

N. Pratiwi , D. Sofia and L. Siregar “IDENTIFIKASI KARAKTER MORFOLOGIS DURIAN DI KECAMATAN TIGALINGGA KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA,” 2020.

D. P. Duerk, “ARCHITECTURAL PROGAMMING INFORMATION MANAGEMENT FOR DESIGN, ILLUSTRATION. UNITED STATES OF AMERICA VAN NOSTRAND REINHOLD, ” 1993

A. R. Hakim, .. “PERAN AKADEMISI DAN PRAKTISI SEBAGAI INOVATOR TEKNOLOGI BANGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERSAINGAN GLOBAL",” p. 17.

N. Rahmi, W. W. Widjajanti, E. Poedjioetami, and J. Arsitektur, “PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT DI KAMPUNG TELUK HARAPAN PULAU MARATUA KALIMANTAN TIMUR TEMA : ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN,” p. 7, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.