PENYEBAB DAN PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN KONSTRUKSI GUDANG PABRIK

Fazrul Rizki Arifandi, Feri Harianto, Mohamad Ferdaus Noor Aulady

Abstract


Risiko kecelakaan kerja sangat tinggi di proyek konstruksi. Kecelakaan kerja terjadi karena proses interaksi manusia dengan alat, material, dan lingkungan kerja. Selain itu metode kerja juga mempengaruhi untuk terjadinya kecelakaan kerja. Setiap terjadinya kecelakaan kerja menimbulkan akibat kerugian bagi perusahaan. Nilai kerugian akibat kecelakaan kerja baik langsung maupun tidak langsung memberikan dampak signifikan kepada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prioritas faktor terjadinya kecelakaan kerja dan prioritas alternatif pengendalian kecelakaan kerja. Metode penelitian yang  digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan responden  adalah Project Manager, Site Manager, dan HSE Officer. Penyebaran kuesioner dilakukan di 3 tempat proyek pembangunan gudang pabrik di Malang, Semarang, dan Demak. Analisis yang digunakan yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini adalah tingkat prioritas faktor penyebab kecelakaan kerja yaitu manusia, metode, material, lingkungan kerja, desain, dan peralatan. Pengendalian kecelakaan kerja yang efektif yaitu menggunakan alat pelindung diri, perancangan, dan subtitusi. Dengan mengetahui penyebab kecelakaan kerja dan pengendalian kecelakaan kerja maka kinerja proyek konstruksi meningkat.


Keywords


kecelakaan kerja; pengendalian; proyek konstruksi.

Full Text:

PDF

References


Asiyanto, 2005,Manajemen Produksi untuk Jasa Konstruksi, Jakarta : Pradnya Paramita.

Aurachman, 2019, Proses Pengambilan Data pada AHP menggunakan Prinsip Closed Loop Control System, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University, Bandung, Jawa Barat.

Buchari dan Irani, 2019, Analisis Risiko Kecelakaan Kerja pada Stasiun Klarifikasi dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) PT Monopoli Raya. Vol, 4, No. 2, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sumatra Utara, Sumatra Utara.

Faris dan Feri Harianto, 2014, Pengaruh Perilaku Tenaga Kerja dan Ligkungan Kerja yang Dimoderasi Faktor Pengalaman Kerja dan Tingkat Pendidikan terhadap Kecelakaan Kerja Konstruksi di Surabaya, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya.

Fuadie. et al. 2017. Factor of Design Errors in Construction Project (A Review), Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Feri Harianto dkk, 2019, Risiko Kecelakaan Kerja pada Pekerjaan Penulangan Pelat, Balok, dan Kolom di Gedung Bertingkat, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya.

Heinrich et al, 1980, Industrial Accident Prevention: A Safety Management Approach, New York : McGraw-Hill.

Irkas dkk, 2020, Hubungan Unsafe Action dan Unsafe Condition dengan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Industri Mebel, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta.

Prasetia dan Feri Harianto, 2020, Pengaruh Inspeksi K3 terhadap Kedisiplinan Pekerja dalam Menggunakan Alat Pelindung Diri dengan Dimoderasi Faktor Usia dan Tingkat Pendidikan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya.

Saraswati dkk, 2021, Analisis Perbedaan Perilaku Keselamatan Kerja Berdasarkan Usia pada Proyek Konstruksi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya.

Sari dkk, 2016, Manajemen Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Konstruksi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Silalaban, 2014, Penggunaan Alat Pelindung Diri dan Lama Kerja pada Kejadian Kecelakaan Kerja Pengumpul Smapah, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Politeknik Kesehatan, Bengkulu.

Waruru dan Yuamita, 2016, Analisis Faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang Signifikan Mempengaruhi Kecelakaan Kerja pada Proyek Pembangunan Apartement Student Castle, Vol. 14, No. 1, 1-108. Jurusan Teknik Industri, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Wilopo, 2009, Metode Konstruksi dan Alat-Alat Berat, Jakarta : Universitas Indonesia.

Yuliandi dan Ahman, 2019, Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Lingkungan Kerja Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Vol. 18, No. 2, Hal 98, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.