Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Sepak Bola Berdasarkan Skill Dan Intelegency Pada Ssb Psad Brawijaya Surabaya Menggunakan Metode Moora

Pascal Brilliandy Kristianto, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Sekolah Sepak Bola Persatuan Sepak Bola Angkatan Darat (SSB PSAD) Brawijaya Surabaya merupakan salah satu sekolah sepak bola yang membantu mengorbitkan pemain sepak bola pada usia dini. Dalam penyeleksian pemain terbaik yang akan diikutkan dalam sebuah pertandingan sepak bola, maka banyak kriteria yang harus dinilai oleh pelatih SSB PSAD Brawijaya, berdasarkan skill dan intelegency pemain. Untuk membantu proses penyeleksian pemain ini agar dpelatih dan kepala sekolah dalam penyeleksian pemain sepak bola terbaik yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan ini metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA). Data pemain sepak bola yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemain yang tergabung dalam SSB PSAD Brawijaya, dengan periode data mulai tahun 2020 sampai 2021. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sebanyak 30 kali uji coba dengan membandingkan hasil rekomendasi sistem dengan hasil rekomendasi pelatih, maka diperoleh tingkat akurasi sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan pemilihan pemain berdasarkan skill dan intelegency terbaik pada SSB PSAD Brawijaya Surabaya telah dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu pihak SSB PSAD dalam menyeleksi pemain terbaiknya.

Keywords


Sepak Bola; SSB PASD; Sistem Pendukung Keputusan; MOORA

Full Text:

PDF

References


A. Nasution, “Survei Teknik Dasar Berman Sepak Bola Pada Siswa Smkt Somba Opu Kabupaten Gowa,” Ilmu Keolahrgaan, pp. 1–10, 2018.

U. Mandal and B. Sarkar, “Selection the best intelligent manufacturing system (IMS) under fuzzy MOORA conflicting MCDM environment,” Int. J. Emerg. Technol. Adv. Eng., vol. 2, pp. 2250–2459, Jan. 2012.

W. Karel, W. Brauers, and E. Zavadskas, “The MOORA method and its application to privatization in a transition economy,” Control Cybern., vol. 35, Jan. 2006.

E. Laudia Olivianita and Rudy Ariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Hasil Cetakan Buku Menggunakan Metode MOORA,” Semin. Inform. Apl., no. 9, pp. 1–6, 2016.

D. Irawan, A. Lestari, I. Parlina, M. Manajemen Informatika AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar, and D. A. Manajemen Informatika AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar Jl Jend Sudirman Blok no, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode MOORA Untuk Pemilihan Pemain Sepaktakraw Kabupaten Batubara,” J. Teknovasi, vol. 06, pp. 25–33, 2019.

Y. A. M. S. R. H. M. I. S. Heri Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi Obective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.