PENDEKATAN SIMBOLISME DALAM PERANCANGAN MUSEUM DI AREA MONUMEN KRESEK

Sania Nur Afifah, Broto W. Sulistyo, Dian P. E. Laksmiyanti

Abstract


Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah yang memiliki cerita sejarah yang tidak terlupakan, banyak yang menjadi korban Pemberontakan PKI 1948. Lokasi yang menjadi saksi bisu Peristiwa tersebut saat ini dijadikan sebagai situs sejarah bernama Monumen Kresek, dibangun sebagai tanda bahwa pernah terjadi peristiwa kejam di Desa Kresek. Perancangan Museum yang berfungsi sebagai sarana informasi, edukasi dan rekreasi. Sebelum melakukan perancangan, dilakukan penelitian studi banding terhadap beberapa museum sejarah. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif dan studi kasus untuk menghasilkan konsep yang sesuai. Dari peneltian yang dilakukan, menghasilkan sebuah tema rancangan yaitu simbolis yang bertujuan untuk mempresentasikan sebuah simbol kepada pengunjung, simbol yang diterapkan adalah sumur korban pembantaian pada tatanan lahan, Sayap Garuda dan Pancasila pada bentuk, serta penderitaan korban pada ruang. Rancangan bentuk pada Museum merupakan visualisasi dari sayap Garuda Pancasila, memiliki makna bahwa bangkitnya kembali Indonesia setelah peristiwa kelam pada masa lalu. Perancangan Museum ini berfungsi melengkapi fasilitas di area monumen kresek untuk menarik minat pengunjung sehingga mendapat informasi lebih banyak mengenai Pemberontakan PKI di Madiun.


Keywords


Sejarah Pemberontakan PKI; Museum; Simbolis

Full Text:

PDF

References


S. Riyanto, “Rancang Bangun Website Desa Kresek-Madiun Untuk Media Informasi Potensi Wisata Alam Dan Kulinier,” Vol. 1, No. 2, P. 6, 2018.

S. Wahyuningsih, S. P. Prabawati, And I. Febriary, “Revitalisasi Seni Pertunjukan Dongkrek Sebagai Upaya Penguatan Identitas Daerah Dan Pengembangan Aset Wisata Budaya Di Kabupaten Madiun Jawa Timur,” P. 19.

International Council Of Museums, Icom Code Of Ethics For Museums. 2017.

M. Sholeh, “E-Museum Sebagai Media Memperkenalkan Cagar Budaya Di Kalangan Masyarakat,” P. 10.

K. E. Manaroinsong, I. Makainas, And A. J. Tinangon, “Manado Christian Community Center,” P. 10.

A. D. Pradani And S. H. Laksono, “Komplek Pencak Silat Sebagai Area Wisata Dengan Pendekatan Arsitektur Simbolis Dan Kebutuhan Ruangnya,” P. 10.

C. M. Zellatifanny And B. Mudjiyanto, “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi,” Diakom J. Media Dan Komun., Vol. 1, No. 2, Pp. 83–90, Dec. 2018, Doi: 10.17933/Diakom.V1i2.20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.