PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DENGAN PENDEKATAN METODE VALUE STREAM MAPPING DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN PRODUKSI (STUDY KASUS PADA PT.XYZ)

Thifali Dhiwangkara, Lukmandono Lukmandono

Abstract


PT.XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang plastik yang produknya ialah kantong plastik seperti shooping bag, inner bag, dan T-shirt bag. Dalam proses produksinya masih ditemukan pemborosan pada produk plastik oleh karena itu diperlukan identifikasi dan pengurangan atau penghilangan aktivitas yang termasuk waste. penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan untuk meminimalkan bentuk pemborosan dan mengurangi kemungkinan kegagagaln yang terjadi pada proses produksi dengan menggunakan metode lean manufacturing dan failure mode and effect analysis. Metode lean manufacturing yang digunakan pada penelitian ini yaitu value stream mapping (VSM) , Value stream analysis tools (VALSAT), dan yang terakhir adalah menggunakan metode  failure mode and effect analysis. Dari hasil penelitian metode VSM, VALSAT, dan FMEA didapatkan jenis waste yang sering terjadi di proses produksi plastik yaitu jenis defect, overproduction, dan innaproriate processing. Akar permasalahan dari waste defect adalah cetakan tidak sesuai bentuk. Selanjutnya didapatkan rekomendasi setelah menggunakan metode FMEA dan pada proses produksi perbaikan dilakukan dengan menghilangkan aktivitas yang tidak bernilai tambah yang dapat menurunkan lead time waktu produksi dari 5453.5 detik menjadi 5400.25 detik. Sehingga jumlah waktu keseluruhan setelah perbaikan dapat diturunkan sebesar 53.25 detik atau meminimalkan 1% dengan menghilangkan 1 aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah.


Keywords


Pemborosan; Lean manufacturing; Value stream mapping , Value stream analysis tools; failure mode and effect analysis

Full Text:

PDF

References


D. J. Antandito, M. Choiri, and L. Riawati, “PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING PADA PROSES PRODUKSI FURNITURE DENGAN METODE COST INTEGRATED VALUE STREAM MAPING ( Studi Kasus : PT . Gatra Mapan , Ngijo , Malang ) LEAN MANUFACTURING APPROACH IN FURNITURE PRODUCTION ( A Case Study in PT . Gatra Mapan , Ngi,” 2013, vol. 2, no. 6, 2013.

Lukmandono, “Minimasi Waktu Penggantian Cetakan Dengan Pendekatan Lean Manufacture & Single Minute Exchange of Dies ( Smed),” Simp. Nas. RAPI XVII, vol. 1, pp. 89–96, 2018.

B. Wijayanto, A. Saleh, and E. Zaini, “Rancangan Proses Produksi Untuk Penggunaan Konsep Lean Manufacturing,” vol. 03, no. 01, 2015.

A. P. Pradana, M. Chaeron, and M. S. A. Khanan, “Implementasi Konsep Lean Manufacturing Guna Mengurangi Pemborosan Di Lantai Produksi,” Opsi, vol. 11, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.31315/opsi.v11i1.2196.

A. Maghfiroh, “Implementasi lean manufacturing menggunakan metode value stream analysis tools untuk meningkatkan efisiensi waktu produksi edamame,” 2016.

Lukmandono, N. L. P. Hariastuti, Suparto, and D. I. Saputra, “Implementation of Waste Reduction at Operational Division with Lean Manufacturing Concept,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 462, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/462/1/012049.

dan D. K. B. M. Ramadhani, A. Fariza, Sistem Pendukung Keputusan Identifikasi Penyebab Susut Distribusi Energi Listrik Menggunakan Metode FMEA. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.