PENGEMBANGAN PRODUK KURSI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK ERGONOMIS

Kurnia Rahmawati, Suhartini Suhartini, Moch. Kalam Mollah

Abstract


Kursi memiliki pengaruh terbesar pada tata letak antarmuka, dan pengaruh tata letak antarmuka signifikan, dan perbedaan desain kursi memiliki pengaruh yang cukup besar pada postur tubuh. PT. Preshion Engineering Plastec, Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur injection molding. Dalam penelitian karyawan produksi yang melakukan pekerjaan kurang memperhatikan posisi duduk saat bekerja dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ergonomi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat Kursi Produksi dengan menggunakan metode Quality Function Deployment dan mempertimbangkan aspek ergomonis. Tahap awal dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen (customer needs indentification) melalui suara konsumen Voice of Customer (VoC) terhadap Kursi Produksi, tahap selanjutnya adalah menterjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam parameter-parameter teknis (technical response) pada proses perancangan produk. Kursi Produksi hasil perancangan mampu menahan beban lebih dari 100 kg, terdapat alas kaki yang bisa diatur ketinggiannya, dapat dilipat, serta memiliki sandaran pada area punggung.


Keywords


Kursi Produksi; Quality Function Deployment; Antropometri

Full Text:

PDF

References


D. Y. Irawati, M. L. Singgih, and B. Syarudin, “Integrasi Quality Function Deployment dan Conjoint Analysis untuk Mengetahui Preferensi Konsumen,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 13, no. 2, p. 618, 2016.

E. Fatmawati, “Kenyamanan Tempat Kerja Pustakawan : Perspektif Ergonomi,” Int. Ergon. Assoc., vol. vol 6. No., pp. 105–118, 2014.

A. Sokhibi, “Perancangan Kursi Ergonomis Untuk Memperbaiki Posisi Kerja Pada Proses Packaging Jenang Kudus Akhmad Sokhibi Program Studi Teknik Industri , Fakultas Teknik , Universitas Muria Kudus Jl . Lingkar Utara Gondangmanis Bae Kudus Jawa Tengah 59327 Email : akh.,” vol. 3, no. 1, pp. 61–72, 2017.

B. A. H. Siboro, Suroso, Suhendrianto, and Esmijati, “Penerapan 12 Prinsip Ergonomi pada Ruang Server (Studi Kasus Ruang Server Universitas Gadjah Mada),” Profisiensi, vol. 1, no. 1, 2013.

F. S. I. Noviarmi and M. K. Ningtiyas, “Design Of Operator Station Work On Line Packing PT. X SURABAYA,” J. Ind. Hyg. Occup. Heal., vol. 2, no. 2, p. 112, Apr. 2018.

H. Kubangun, “Analisis Ergonomi Pada Proses Mesin Tenun Dengan Pendekatan Subjektifitas Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Makateks Makassar,” Arika, vol. 04, no. 1, pp. 61–70, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.