UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MELALUI WASTE REDUCTION DENGAN PENDEKATAN LEAN DAN GREEN PRODUCTIVITY

Ajeng Risky Mukti, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Produkvitas merupakan salah satu yang menentukkan keberhasilan dari suatu industri. PT. X adalah salah satu perusahaan manufaktur produksi pengalengan jamur yang ada di Pasuruan. Dengan pasar tunggal dan mempunyau pasar yang cukup besar di mancanegara, membuat PT.X mempunyai aktivitas produksi cukup padat di setiap harinya. Semakin banyak produk yang diproduksi maka akan semakin banyak juga waste atau limbah yang terdapat di PT. X. Diperlukan upaya dengan pengolahan yang baik dengan menggunakan metode reduksi limbah. Pendekatan lean dan green productivity mengacu pada waste yang telah ditemukan, kondisi lingkungan yang diperbaiki, dan produktivitas perusahaan yang meningkat. Hasil penelitian ini, memberikan alternative untuk mengatasi permasalahan untuk hasil sisa produksi perusahaan yang berbusa dan berbau.  Melalui pengurangangan limbah akan mengatasi permasalah yang ada sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan juga dapat peningkatkan kinerja lingkungan perusahaan. Alternatif yang terpilih dijurnal ini yaitu mengurangi volume limbah dengan meningkatkan kualitas bahan baku utama sehingga tidak terjadi penumpukkan limbah karena limbah yang kurang baik akan menghasilkan limbah cair yang lebih banyak juga. Dari pemilihan alternatif ini memberikan kontribusi peningkatan produktivitas naik mencapai 1,70% dan kontribusi indeks EPI mampu naik mencapai 0,25%.


Keywords


Produktivitas; EPI; green productivity; lean; waste

Full Text:

PDF

References


G. Jauhari, M. Fitri, and A. S. D. Nova, “Penerapan Metode Objective Matrix (OMAX) Untuk Menganalisis Produktivitas di PT. Nusantara Beta Farma Padang,” Sereal Untuk, vol. 51, no. 1, p. 51, 2019.

D. M. R. Ristanti, Lukmandono, and R. Prabowo, “Analisis Produktivitas Dengan Pendekatan Metode APC Di Perusahaan Jasa Uji Tak Merusak/NDT,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2018), no. September, pp. 469–477, 2018.

A. Z. S. Al Faritsy, “Peningkatan produktivitas perusahaan dengan menggunakan metode,” vol. X, no. 2, pp. 103–116, 2015.

H. Armstrong and J. Taylor, Regional Economic and Policy (3rd edition), New York: Harvester Wheatsheaf Darmawi. 2000.

A. Y. Pradana, M. Danang, D. Setyo, and D. D. Ginting, “PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI KAIN BATIK MENGGUNAKAN METODE LEAN DAN KAIZEN DI UMKM SANGGAR BATIK Jurnal DISPROTEK,” vol. 11, no. 2000, pp. 1–6, 2020.

A. Adriana, “Upaya Peningkatan Produktivitas Kinerja Lingkungan dengan Pendekatan Green Productivity pada Pabrik Kelapa Sawit PT . Mopoli Raya,” vol. 3, no. 2, pp. 10–15, 2014.

F. G. P. Kusmiaji, “Upaya Peningkatan Produktivitas melalui waste reduction dengan pendekatan lean dan green productivity (Studi kasus : PT. Trimulyo Kencana Mas),” Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2019.

V. Gasprersz and A. Fontana, LEAN SIX SIGMA for manufacturing and service Industries. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama. 2011.

O. A. Ningtyas and Lukmandono, “Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E . Mundel dan Productivity Evaluation Tree ( PET ),” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., pp. 303–308, 2019.

A. P. Organization, A Measurement Guide to Green Productivity. Tokyo: APO. 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.