PENGENDALIAN KUALITAS KAIN BATIK TULIS DENGAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE EFFECT AND CRITICALITY ANALYSIS

Faidlul Affan Amrin

Abstract


Home Industry Kurnia Batik adalah salah satu home industry yang bergerak di bidang industri tekstil. Pada penelitian ini berfokus pada produk kain batik karena merupakan produk unggulan yang dihasilkan. Pada proses produksi terdapat produk yang cacat. Produk yang cacat dapat memberikan kerugian terhadap home industri tersebut, sehingga perlu adannya perbaikan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengurangi produk cacat dan memberikan usulan perbaikan dengan menggunakan metode Six Sigma DMAIC dan FMECA. Pada tahap define terdapat 3 CTQ yaitu warna keluar pola, warna tidak merata dan warna tidak sesuai. Tahap measure didapatkan nilai DPMO sebesar 8,718 dengan nilai Sigma sebesar 3,87. Pada tahap analyze diketahui cacat warna tidak merata adalah cacat dominan. Pada tahap improve dilakukan analisis penyelesaian masalah dengan didapatkan hasil nilai RPN tertinggi yaitu sebesar 280 dan dianalisis menggunakan FMECA sehingga termasuk dalam kategori nilai kritis paling tinggi dan termasuk dalam unacceptable. Dari hasil yang telah dianalisis menggunakan FMECA dengan hasil nilai RPN tertinggi kemudian dilakukan usulan perbaikan dengan membuat tempat pengeringan menggunakan mesin oven. Pada tahap control dilakukan pengecekan dan pengawasan sehingga permasalahan dapat dicegah dan diminimalisir.

Keywords


Batik Tulis; FMECA; Quality; Six Sigma

Full Text:

PDF

References


E. Supriyadi, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proses Control (SPC) di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk,” J. Jitmi, vol. 1, no. 1, pp. 63–73, 2018.

Didiharyono, Marsal, and Bakhtiar, “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode Six- Sigma Pada Industri Air Minum PT Asera Tirta Posidonia , Kota Palopo Quality Control Analysis of Production with Six-Sigma Method in,” J. Sainsmat, vol. VII, no. 2, pp. 163–176, 2018.

Mulyono, “Jurnal Ilmiah Widya Teknik Perancangan Preventive Maintenance dengan Menggunakan Metode Failure Mode,” vol. 17, pp. 80–86, 2018.

A. Muhaemin, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada Harian Tribun Timur,” Universitas Hasanuddin, 2012.

A. Handoko, “Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Pendekatan PDCA dan Seven Tools pada PT. Rosandex Putra Perkasa Di Surabaya,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 6, no. 2, pp. 1329–1347, 2017.

Setiani, “Identifikasi Penyebab Defect Pada Produk Sandal Japit Menggunakan Konsep Six Sigma Dan Usulan Perbaikannya ( Studi Kasus : Ud . Rumpun Mas ),” Universitas Airlangga, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.