ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DI PT. PRESHION ENGINEERING PLASTEC SURABAYA DENGAN METODE APC (AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER) DAN MARVIN E MUNDEL

Qurotul A'Yun, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Dalam dunia industri persaingan antar perusahaan yang tidak dapat dihindari dimasa sekarang ini. Setiap perusahaan masing-masing mempunyai strategi tersendiri untuk tetap mempertahankan eksistensinya serta meningkatkan daya saing yang kompetitif. PT. Preshion Engineering Plastec Surabaya merupakan perusahaan milik asing (PMA) yang bergerak dibidang manufacturing industry. Dalam proses produksinya terdapat beberapa permasalahan terkait produktivitas seperti pada jumlah target yang tidak memenuhi, serta kinerja karyawan yang menurun, dan belum pernah dilakukan perhitungan produktivitas. Sehingga penting dilakukan pengukuran produktivitas bertujuan agar dapat mengetahui tingkat produktivitas, faktor-faktor penyebab turunnya produktivitas dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Maka dari itu, untuk menyelesaikan permasalahn yang terjadi di PT. Preshion Engineeriing Plastec Surabaya peneliti menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Hasil dari perhitungan produktivitas menggunakan metode APC didapatkan produktivitas total sebesar 98,77 % sedangkan menggunakan Marvin E Mundel didapatkan rata-rata indeks produktivitas total sebesar 100,29%.

Keywords

Indeks Produktivitas; American Productivity Center (APC); Marvin E Mundel

Full Text:

PDF

References

O. A. Ningtyas and Lukmandono, “Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E . Mundel dan Productivity Evaluation Tree ( PET ),” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 7, no. 1, pp. 303–308, 2019.

D. J. Sumanth, “Productivity Engineering And Management,” New York: New York: Mc Graw-Hill Book Company, 1984.

M. R. Maulana and Lukmandono, “Analisa Produktivitas dengan Metode American Productivity Center,” Semin. Nas. Teknol. Ind. Berkelanjutan I (SENASTITAN I), vol. 1, no. 1, pp. 202–207, 2021.

P. Deoranto, A. Harwitasari, and D. Morita Ikasari, “Analisis Produktivitas dan Profitabilitas Produksi Sari Apel dengan Metode American Productivity Center di KSU Brosem,” J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 3, pp. 114–124, 2016.

D. Erlin, “Penerapan Metode Marvin E . Mundel Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Pada Perusahaan Naf ’a Bakery BADAS-KEDIRI ( Dsn . Pandan Ds . Sumberagung ),” Simki-Economic, vol. 1, no. 9, pp. 1–14, 2017.

I. Hanif, I. Maflahah, and M. Fahkry, “Analisis Produktivitas Dengan Metode APC (American Productivity Center) Roti Pia Pada IRT Pia Latief Kediri,” Agrointek, vol. 13, no. 2, pp. 143–154, 2019.

P. Fithri and R. Y. Sari, “Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan Alsintan CV. Cherry Sarana Agro,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 14, no. 1, p. 138, 2016, doi: 10.25077/josi.v14.n1.p138-155.2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.