Rancang Bangun Sistem Saklar Universal Berbasis Raspberry Pi Dengan Teknologi Websocket

Meidyan P. Putri, Adelin Adelin, Alan N. Tompunu

Abstract

Saklar listrik adalah suatu komponen atau perangkat yang digunakan untuk mengendalikan beban listrik. Penggunaan saklar saat ini masih manual dengan cara menghidupkan atau mematikan alat elektronik tersebut dengan menekan tombol on/off secara langsung. Raspberry Pi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, controling, monitoring, game, media player  dan juga sebagai sistem saklar universal apabila menggunakan WebSocket. Raspberry Pi yang digunakan pada sistem saklar universal ini dapat bekerja jika terkoneksi ke jaringan internet. Aplikasi web untuk mengendalikan sistem saklar universal dapat mengirim notifikasi kepada user melalui email.

Keywords

Raspberry Pi; WebSocket; Internet; Saklar Universal;

Full Text:

PDF

References

Putra, Agfianto Eko. 2012. Mengenal Raspberry Pi. http://agfi.staff.ugm.ac.id/blog/index.php/2012/08/mengenal-raspberry-pi/, diakses tanggal 19 Maret 2016.

Yudi, Timothy, Eric Anthony, Andreas Christian, Renan Prasta Jenie.2012. Pengembangan Sistem Push Notification Menggunakan Websocket dan Node.js Studi Kasus Universitas Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.