PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SEPEDA KARGO HYBRID “E-CARGO BIKE”

Bambang Setyono, Siggih Ardianto, Ardi Noerpamoengkas

Abstract

Sepeda kargo hybrid merupakan sepeda roda dua yang dilengkapi kargo dibagian tengah dengan sistem dua penggerak yaitu penggerak manual dengan pedal serta penggerak motor listrik. Penelitian ini bertujuan merancang sepeda kargo hibrid serta melakukan berbagai pengujian untuk mengetahui performasinya. Motor listrik tipe in-wheel dipasang diroda belakang, kapasitas volume kargo direncanakan 250 liter dengan berat maksimal 40 kg, berat pengendara maksimal 90 kg, dan kecepatan maksimal 20 km/jam. Kemudi dibagian tengah yang terhubung dengan batang pengubung ke roda depan. Dari hasil perancangan, perhitungan dan ujicoba diperoleh data-data sebagai berikut : daya motor listrik yang dibutuhkan 160,2 watt ; radius belok minimum secara manual 3,445 m ; radius belok minimum secara elektrik 4,412 m ;  dari uji akselerasi daya listrik tanpa beban dengan jarak 20 m ditempuh dalam waktu  = 6,03 detik dari saat diam, jarak 30 m = 8,32 detik, jarak 40 m = 9,57 detik, dan untuk mengetahui uji akselerasi daya listrik dengan beban 40 kg adalah jarak 20 m ditempuh dalam waktu = 7,40 detik, jarak 30 m = 9,00 detik, jarak 40 m = 10,94 detik. Hasil uji coba dijalan raya dengan penggerak motor listrik untuk jarak 9,7 km ditempuh dalam waktu 20 menit, sehingga kecepatan rata-rata sepeda 30 km/jam

Keywords

sepeda kargo; hybrid; e–cargo bike;

Full Text:

PDF

References

] Agung Pandega Putro (2013). Rancang Bangun Sepeda Kargo Tenako, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin ITATS.

] Deutschman Aron, et al (1975). Machine Design, Macmillan Publishing, New York.

] Ehrler, V., Hebes, P. (2012). Electromobility for City Logistics–The Solution to Urban Transport Collapse? An Analysis Beyond Theory. Procedia Social and Behavioral Sciences 48, 786–795.

] Gruber, J., Kihm, A., Lenz, B. (2014). A new vehicle for urban freight? An ex-ante evaluation of electric cargo bikes in courier services. Research in Transportation Business & Management, 11, 53–62.

] Johannes Gruber and Alexander Kihm (2015). Transportation Research Procedia: Reject or Embrace? Messengers and Electric Cargo Bikes, The 9th International Conference on City Logistics, Tenerife, Canary Islands (Spain), 17-19 June 2015.

] Lenz, B., Riehle, E. (2012). Bikes for Urban freight? — Experience for the European case. Conference proceedings, Transportation Research Board 92th Annual Meeting 2013.

] Leonardi, J., Browne, M. and Allen, J. (2012). Before-after assessment of a logistics trial with clean urban freight vehicles: A case study in London. Procedia – Social and Behavioral Sciences (39), 146-157.

] Transport for London TfL (Eds.) (2009): Cycle freight in London: A scoping study. London.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.