KAJI EKSPERIMENTAL DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA PORTABLE COLD BOX DENGAN THERMOELEKTRIK TEC1-12706

Denny M. E Soedjono, Joko Sarsetiyanto, Gathot Dwi Winarno, Alichia Silfiyati

Abstract

Cold storage dapat diilustrasikan sebagai sebuah bangunan yang fungsinya seperti lemari pendingin. Bangunan dengan temperatur rendah ini hanya dapat difungsikan dengan baik jika kita memastikan ruangan tertutup rapat dalam artian udara tidak dapat keluar masuk dan memakai alat pendingin (refrigeration) untuk menjaga temperatur tetap rendah. Pada penelitian ini dilakukan kajian tentang penerapan peltier TEC 12076 pada alat portable cold box. Perencanaan alat portable cold box menggunakan komponen utama thermoelektrik, heatsink, dan fan. Pengujian diawali dengan proses perencanaan alat, pengadaan peralatan, dan pembuatan alat. Selanjutnya dilakukan pengolahan data dan perhitungan untuk mendapatkan heat rate pada heatsink termoelektrik sisi panas dan dingin serta grafik distribusi temperatur pada alat portable cold storage. pada perhitungan menunjukkan bahwa, dalam kondisi maksimum heatsink pada sisi panas dapat melepas kalor sebesar 0.319 Watt, plat datar pada sisi dingin dapat menyerap kalor sebesar 4.676 Watt.

Keywords

Termoelektrik; Heatsink; Heat Rate; Distribusi Temperatur;

Full Text:

PDF

References

Incropera, Frank P. dkk. 2011. “Fundamentals of Heat And Mass Transfer, Seventh Edition”. United State of America : John Wiley & Sons, Inc.

Sari ,Devi Ratna. 2011. “Kaji Eksperimental Perpindahan Panas Konveksi Pada Heatsink Sisi Panas dan Sisi Dingin Thermoelektrik TEC 12706”. Surabaya: Program Studi D-III Teknik Mesin FTI-ITS

Wilson, J.S. 2005. “Sensor Technology Handbook”. Elsevier Inc,America.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.