ANALISIS PEMILIHAN MODA KENDARAAN PRIBADI DAN ANGKUTAN UMUM DI BANDARA INTERNASIONAL ADISUCIPTO YOGYAKARTA

Mutiara Firdausi, Ratih Sekartadji Sambodja

Abstract

Pelayanan angkutan intermoda di Bandara Adisucipto yang sudah tersedia meliputi Trans Jogja, taxi, kereta api, dan sudah terintegrasi di bandara Adisucipto belum dimanfaatkan secara efektif oleh penumpang angkutan udara. Dengan adanya variasi angkutan intermoda yang tersedia tersebut, perlu dilakukan penelitian penyebab tidak efektifnya penggunaan moda transportasi publik yang ada.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang bandara Adisucipto. Dari hasil penyebaran kuesioner didapatkan sebagian besar (64%) para penumpang angkutan udara menggunakan kendaraan pribadi. Salah satu aspek yang dikaji adalah biaya perjalanan ke Bandara dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil) dan angkutan umum. Pemodelan pemilihan moda berdasarkan biaya dilakukan dengan menggunakan Model Binomial Logit Biner.

Dari hasil analisis diperoleh bahwa, jika selisih biaya angkutan umum dengan kendaraan pribadi semakin besar dimana biaya angkutan umum lebih mahal, maka peluang menggunakan kendaraan pribadi akan meningkat. Di sisi lain, walaupun biaya angkutan pribadi dan angkutan umum sama besar, tetap saja penumpang angkutan udara memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi (59%). Penyebab tidak efektifnya penggunaan moda angkutan umum disebabkan karena tidak tersedianya akses moda angkutan di setiap daerah, dan tidak terintegrasinya jadwal angkutan intermoda dengan jadwal penerbangan.

Keywords

probabilitas; intermoda; logit binomial; angkutan umum;

Full Text:

PDF

References

Cheng, Dan, Liu, Chu. 2012. Evaluating bycycle – transit users perceptions ofintermodal inconvenience. Department of Transportation and Communication Management Science, University Road Taiwan.

Ferrari, Berlingerio, Calabrese, Dan, Readers, Jon. 2014. Improving the accessibility of urban transportation networks for people with disabilities. University of Modena and Reggio Italy.

Henry R. Lehrer and Aimee Freeman (1998). Intermodal airport To City center paasenger transportation at the 20 largest US air carrier airport: university of nebraska at omaha.

Lansana, Keita. 2012. Revealed Preference Theory, Rationality, and Neoclassical Economics. Science or Ideology

Miro, Fidel. 1997. Sistem Transportasi Kota. Erlangga, Jakarta. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, cetakan ke 8, Bandung: Penerbit ALFABETA

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi . Bandung: Penerbit ITB

Vetrovsky, Dan, Kanafani, Adib. 1994. The potensial role of airports as intermodal terminals: Lessons from international and domestic Experience. University of california transportation center

Refbacks

  • There are currently no refbacks.