MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN CONDOTEL PANBIL MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISTRO

Willy Kriswardhana, Yorika Pratidina

Abstract

Analisis mengenai dampak lalu lintas (andalalin) diwajibkan bagi setiap pengembangan sebuah pusat kegiatan dengan kriteria tertentu seperti yang tertulis pada PM 75 tahun 2015. Analisis dampak lalu-lintas diharapakan dapat mengurangi potensi permasalahan lalu-lintas yang diakibatkan pembangunan dan pengembangan sebuah kawasan. Manajemen rekayasa lalu-lintas merupakan salah satu kajian yang wajib disertakan dalam sebuah dokumen andalalin. Metode penilaian kinerja simpang yang digunakan dalam penelitian ini adalah HCM 2010 dengan bantuan software PTV Vistro. PTV Vistro merupakan software yang digunakan untuk keperluan analisis dampak lalu-lintas. Hasil penelitian menunjukkan nilai tundaan pada simpang bersinyal dapat berkurang dengan adanya manajemen rekayasa lalu-lintas berupa optimasi waktu hijau. Nilai tundaan rata – rata tahun 2021 pada Simpang KepriMall adalah 81 det/smp dan Simpang Kabil 105 det/smp.

Keywords

-

Full Text:

PDF

References

Aghabayk, K., Sarvi, M., Young, W., Kautzsch, L. 2013. A Novel Methodology for Evolutionary Calibration of Vissim by Multy-Threading. Australasian Transport Research Forum 2013 Proceedings.

Destiyanto, Itang. 2015. Pemodelan Simpang di Kawasan Perkotaan Lumajang Menggunakan PTV Vistro. Tugas Akhir pada Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember.

Putranto, L.S. 2010. Rekayasa Lalu Lintas, Edisi 2. Jakarta : Penerbit PT Indeks.

Putri, Nurjannah H., Irawan, M.Z. 2015. Mikrosimulasi Mixed Traffic Pada Simpang Bersinyal dengan Perangkat Lunak VISSIM (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Prosiding The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung.

Sauri, S., Sulistyono, S. dan Hasanuddin, A.. 2014. Analisis Kinerja Simpang Menggunakan Perangkat Lunak KAJI dan PTV Vistro (Studi Kasus: Simpang Bersinyal dan Tak Bersinyal Perkotaan Jember), Prosiding FSTPT, Simposium Internasional FSTPT ke-17 di Universitas Jember, Hal.1498-1507.

Sulistyono, S., Irawan, J.F. dan Septiawan, D.. 2014. Traffic Impact Analysis on The Development of Jember Icon Using PTV Vistro, Prosiding FSTPT, The 18th FSTPT Internasional Symposium di Universitas Lampung. Hal.876-885.

Tamin, O. Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.