PENINGKATAN METODE PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Suparto Suparto, Luluk Mawardah

Abstract

Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik berkelainan atau berkebutuhan khusus yaitu yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan atau sosial. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), termasuk di dalamnya adalah anak autis berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan kebutuhannya. Jika anak-anak ini (anak ABK) tidak tertangani dengan benar akan membuatnya tumbuh menjadi sosok dewasa yang tidak bisa mandiri dan tidak mampu menghidupi diri sendiri. Hal ini tentu saja akan menjadi beban bagi keluarga khususnya maupun pemerintah pada umumnya. SLB Harmoni di Desa Gemurung Kecamatan Gedangan dan Terapi ABK Quantum di Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran adalah salah satu dari beberapa sekolah atau tempat terapi yang khusus menangani pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), diantaranya anak autis yang berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Pada penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu dua tempat terapi anak ABK, yaitu SLB Harmoni di Desa Gemurung Kecamatan Gedangan dan Terapi ABK Quantum di Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran dalam menentukan dan meningkatkan metode pembelajaran yang tepat untuk anak-anak ABK. Selama ini di dua tempat terapi ABK tersebut masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pembelajaran (terapi) kepada peserta didiknya, antara lain; keterbatasan dana, SDM (tenaga pengajar/terapis) yang kurang cakap dan terampil dibidangnya serta prasarana dan sarana yang tidak memadai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dan eksplorasi dengan memberi pertanyaan-pertanyaan kepada subyek penelitian untuk membahas masalah yang terdapat pada kedua terapi tersebut. Disamping itu mengadakan workshop / pelatihan atau seminar untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan dan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Selain itu juga melakukan pengadaan sarana dan prasarana alat dan metode belajar untuk anak ABK, diantaranya meja / kursi belajar yang khusus dan alat peraga untuk belajar anak-anak autis (ABK) pada dua tempat terapi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan nantinya mampu menjawab dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada kedua terapi di atas.

Keywords

Metode Pembelajaran; ABK (Anak Berkebutuhan Khusus); Autis;

Full Text:

PDF

References

Rangkuti, Freddy., 1997, “Riset Pemasaran”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

http://www.slideshare.net/ryan4life/perawatan-anak-autis-dengan-transfer-factor, diakses Maret 2015.

http://id.88db.com/Kesehatan-Pengobatan/Terapi-Kesehatan-Lain, diakses Mei 2015.

http://www.autisme.or.id , diakses Maret 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.