Pemetaan Beban Emisi Co Dari Kegiatan Transportasi Darat Di Kawasan Sidoarjo Utara

Che Fairuz Zam – Zam, Rachmanu Eko Handriyono

Abstract

Peningkatan konsumsi energi dari kegiatan transportasi darat di kawasan perkotaan berpotensi menyebabkan meningkatnya emisi gas CO sehingga berdampak pada penurunan kualitas udara di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menghitung beban emisi gas CO dari kegiatan transportasi darat di kawasan Sidoarjo utara. Tujuan penelitian ini adalah inventarisasi emisi gas CO untuk evaluasi beban emisi di kawasan tersebut. Penelitian ini berdasarkan pengukuran panjang jalan dan faktor emisi setiap jenis kendaraan yang melintas di 17 jalan raya kawasan Sidoarjo utara. Jenis kendaraan yang diteliti adalah sepeda motor, mobil, bis, truk, pick-up, dan angkot. Jalan Raya Waru menjadi penyumbang kendaraan terbanyak yang melintas yaitu 19.286 unit/jam. Hasil penelitian menunjukan tingkat beban emisi CO terbesar pada Jalan Raya Waru sebesar 2.52 ton/hari dan beban emisi total sebesar 14,95 ton/hari

Keywords

beban emisi; kualitas udara; transportasi darat

Full Text:

PDF

References

Laporan Dishub Sidoarjo, Pengambilan Data Volume Lalu Lintas atau Surver Pencacahan Lalu Lintas pada Ruas Jalan di Kabupaten Sidoarjo, Sidoarjo: Dishub Kab Sidoarjo, 2018.

A. Dwinta, H. Gunawan, Y. Ruslinda dan V. Bachtiar, “Model Hubungan Konsentrasi Particulat Metter 10 µM (PM10) di Udara Ambien dengan Karakteristik Lalu Lintas di Jaringan Jalan Primer Kota Padang,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi, pp. ISSN: 2407 - 1846, 2018.

A. M. Navastara dan D. Kusumawardani, “Analisis Besaran Emisi Gas CO2 Kendaraan Bermotor Pada Kawasan Industri SIER Surabaya,” Jurnal Teknik ITS, pp. Vol 3 (2): 41 - 46, 2017.

R. E. Handriyono dan M. N. Kusuma, “Kajian Beban Emisi SO2 dan NOx dari Kegiatan Industri di Kawasan Industri Sier Surabaya,” Jukung Jurnal Teknik Lingkungan, pp. Vol 3 (2): 41 - 46, 2017.

S. Kuncoro, Global Warming, Food, and Water Problems, Solutions, and The Changes of World Geopolitical Constellation, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press., 2011.

P. A. Heidenreich, J. G. Trogdon, O. A. Khavjou, J. Butler, K. Dracup, M. D. Ezekowitz dan Y. J. Woo, “Forecasting the Future of Cardiovascular Disease in the United States: A Policy Statement from the American Heart Association,” Circulation, pp. Vol 123 (8): 933 - 44, 2011.

D. G. Tulandi dan R. E. Handriyono, “Analisis Konsentrasi CO Pada Kegiatan Industri Pengasapan Ikan Di Tambak Wedi Surabaya,” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII, pp. hal 107-112. Surabaya, 28 September 2019: ITATS, 2019.

US.EPA, “Carbon Monoxide (CO) Pollution in Outdoor Air,” 2016. [Online]. Available: https://www.epa.gov/co-pollution/basic-information-about-carbon-monoxide-co-outdoor-air-pollution#What%20is%20CO. [Diakses 7 Maret 2020].

D. R. Suhadi dan A. S. Febrina, Pedoman Teknis Penyusunan Inventarisasi Emisi Pencemar Udara di Perkotaan, Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup, 2013.

R. B. Frazila, L. Siami dan A. Sofyan, “Perhitungan Penurunan Beban Emisi Pencemaran Udara dari Pembangunan Jalur Tol JORR W2 di DKI Jakarta,” Jurnal Teknik Lingkungan, p. Vol 20 (2): 152 – 161., 2014.

H. S. Huboyo, R. R dan P. Andarani, “Inventarisasi Emisi Gas Konvensional (NOx, SOx, CO, HC, PM) dan Gas Rumah Kaca (CO2) dari Industri Titik dan Area dengan Peta Sebaran Emisi di Kota Semarang,” Jurnal Teknik Lingkungan, p. 1 – 10., 2018.

M. Soedomo, Pencemaran Udara, Bandung: ITB Press, 2001.

US.NLM, “Carbon Monoxide,” 2019. [Online]. Available: https://toxtown.nlm.nih.gov/chemicals-and-contaminants/ carbon-monoxide. [Diakses 7 Maret 2020].

B. P. Samadikun, T. T. Buanawati dan H. S. Huboyo, “Estimasi Emisi Pencemar Udara Kenvensional (SOx, NOx, CO, dan PM) Kendaraan Pribadi Berdasarkan Metode International Vehicle Emission (IVE) di Beberapa Ruas Jalan Kota Semarang,” Jurnal Teknik Lingkungan, pp. Vol 6 (3): 1 -12, 2017.

J. Hermawan, A. R. Anni’mah dan A. F. Assomadi, “Inventarisasi Fluktuasi Emisi Polutan NOx, CO2, dan CH4 di Bandar Udara Internasional Juanda Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Teknik ITS, pp. Vol 7 (1): 2337-3520, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.