Pembuatan Video Interaktif Promosi Sekolah Menggunakan Metode MDLC MTs Negeri 13 Majalengka

Anggun Pujawati, Nunu Nurdiana

Abstract


Media merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran di sekolah karena dapat membantu proses penyampaian informasi dari guru kepada siswa ataupun sebaliknya. Penggunaan media secara kreatif dapat memperlancar dan meningkatkan efesiensi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Flash animasi adalah salah satu media visual yang merupakan pengolahan gambar tangan maupun digital sehingga menjadi gambar bergerak. Sebuah animasi didistribusikan dalam format “.swf” atau “Adobe Flash Software”. Animasi dapat dibuat dengan Flash atau semua software yang memiliki kemampuan untuk menulis format .swf. Setelah video promosi sekolah ini dibuat maka dilakukan pengujian dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 10 responden untuk mengetahui kelengkapan informasi yang terkandung didalam video. Data hasil pengujian terhadap responden adalah bentuk pertanyaan yang disimbolkan kedalam kode P1-P10 distribusi responden berdasarkan pertanyaan yaitu P1, P2, P3, P4 dan P10 dengan nilai baik yaitu 9, nilai cukup 1 nilai kurang 0 sedangkan pada P5, P6, P7, P8, P9 dengan nilai baik yaitu 8, nilai cukup 2 nilai kurang 0 dari jumlah responden 10. Hasil dari kuesioner tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi penulis untuk memperbaiki video yang dibuat.


Keywords


Video interaktif; animasi; metode MDLC.

Full Text:

PDF

References


Aditiya. (2009). Trik Dahsyat Menjadi Animator. Yogyakarta: Andi.

Afiyuddin, Muh Ilham. 2019. Pembuatan Animasi 2D Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Materi Bagian Luar Tubuh Manusia dengan Metode SAV. STEKOM Semarang.

Apriyani, Meyti Eka. 2015. Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. Jurnal Infotel, Volume 7, No. 1, Mei 2015, e-ISSN : 2460-0997.

Bastian, Ade. 2014, Aplikasi Multimedia Edukatif Games RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), Jurnal J-ENSITEC, 01, Universitas Majalengka.

Binanto, Iwan. 2009. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia versi Luther-Sutopo. https://iwanbinanto.wordpress.com/2009/01/19/metode-pengembangan-multimedia/ (diakses tanggal 15 November 2018).

Campbell, Neil A. (2003). Biologi Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. (2003). Belajar Komputer Animasi macromedia flash. Bandung:Yrama Widya.

Erhans. (2005). Adobe Photoshop CS. Jakarta:PT. Ercontara Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggun Pujawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.