Deteksi Citra Nomor Panggil Buku Menggunakan Metode Template Matching Studi Kasus Perpustakaan ITATS

Hendro Nugroho, Agil Aris Prabandaru

Abstract


Deteksi citra banyak digunakan untuk melakukan pencarian objek. Citra yang digunakan untuk pencarian objek pada penelitian sebelumnya adalah karakter tulisan. Karakter tulisan yang digunakan penrlitian ini adalah nomor panggil buku di perpustakaan ITATS. Karakter tulisan huruf nomor panggil buku inilah yang akan dilakukan deteksi dengan menggunakan metode Template Matching. Langkah-langkah yang dilakukan pada deteksi citra nomor panggil buku adalah pengambilan citra, normalisasi, praproses, segemetnasi, template matching, dan output yang terdeteksi. Hasil dari penelitian ini merupa output citra huruf yang terdeteksi. Dalam pengujian metode tersebut terdapat nilai akurasi 87%.


Keywords


Detection; Image, Template Matching; Book Call Number

Full Text:

PDF

References


Jaroji, R. Kurniati, Agustiawan, “Image Processing dan Artifical Neural Network untuk Mengenali Nomor Induk Kependudukan Pada KTP Sebagai Penduduk Layanan Mandiri di Kantor Desa,” Jurnal Teknoligi Informasi & komunikasi Digital Zone, 2017.

E. Y. Hidayat, M. F. Radiffananda,”Pengenalan Tanda Tangan Menggunakan Learning Vector Quantization dan Ekstraksi Fitur Local Binary Pattern,”2019.

.S. Afroge, B. Ahmed, F. Mahmud,”Optical Character Recognition using Back Propagation Neural Network,”ICECTE, 2016

Joni Suwono, “KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA (STUDI PELAYANAN KTP DAN KK DI DESA TELUK KEPAYANG KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU)” Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, 2012.

I. Khairi, P. Zaimah, E. F. Ginting,”Modifikasi Metode Template Matching Pada OCR Untuk Meningkatkan Akurasi Deteksi Plat Nomor Kendaraan,”2019.

P. Hidayatullah,”PENGOLAHAN CITRA DIGITAL TEORI DAN APLIKASI NYATA,” INFORMATIKA, 2017

K. Darina,”Applikation Of Template Matching for Optical Character Recognition,”IEEE,2019




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendro Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.