MONITORING TEMPAT DUDUK DIGEREJA GETSEMANI MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY DAN LOAD CELL BERBASIS IoT

Joshua Noviandy, Hari Agus Sujono

Abstract


Perkembangan gereja tidak luput dari banyaknya jumlah jemaat yang semakin banyak contohnya saja gereja GSJA satelit Getsemani. Monitoring tempat duduk (kursi) di Gereja dibangun untuk membantu sarana kegiatan ibadah dengan cara memantau jumlah jemaat yang hadir yang duduk di kursi saat peribadatan. Internet of Thing atau disingkat  IoT adalah sebuah paradigma untuk membuat “sesuatu” termasuk peralatan elektronik dapat terhubung dengan dengan system atau aplikasi melalui jaringan internet. Kursi yang dibangun dilengkapi dengan mikrokontroler wemos D1, sensor proximity dan load cell. Sensor ini  difungsikan untuk mendeteksi jika ada sesorang dalam jarak 15 cm dari kursi, sedangkan  proximity memberitahukan ke microkontroler bawah ada seseorang, jika pengguna duduk load cell akan melakukan pengecekan apakah berat melebihi 5 kg atau tidak, jika berat sudah dipastikan melebihi 5 kg maka microkontroler akan mengirimkan informasi ke website yang berisi status kursi. Dengan internet of thing menghubungkan microcontroller dengan sistem untuk memantau dan menyimpan data jumlah jemaat memudahkan pengurus gereja dalam mengetahui perkembangan banyaknya jemaat tiap bulannya dan memudahkan jemaat dalam mengetahui tempat duduk yang kosong


Keywords


Microcontroller; Internet of Things (IoT); Proximity; Load Cell

Full Text:

PDF

References


Keoh, S. L., Kumar, S., & Tschofenig, H. (2014). Securing the Internet of Things: A Standardization Perspective. IEEE Internet of Things Journal, 1(3), 1–1. http://doi.org/10.1109/JIOT.2014.2323395

Setiadi, D. and Muhaemin, M.N.A., 2018. Penerapan Internet Of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi). Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(2), pp.95-102.

Oktariawan, I., 2013. Pembuatan sistem otomasi dispenser menggunakan mikrokontroler arduino mega 2560. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 1(2).

R. Sulistyowati, HA Sujono, AK Musthofa, 2017. Design and Field Test Equipment of River Water Level Detection Based on Ultrasonic Sensor and SMS Gateway as Flood Early Warning. AIP Conference Proceedings.

Kusriyanto, M. and Wismoyo, N., 2017. Sistem Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Otomatis dengan Komunikasi Wireless Berbasis Arduino. Teknoin, 23(1).

Nuryanto, R. (2015). Pengukur Berat dan Tinggi Badan Ideal Berbasis Arduino. Karya Ilmiah Program Sarjana. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khakim, A. L. (2015). Rancang Bangun Alat Timbang Digital Berbasis AVR Tipe Atmega32. Tugas Akhir. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Putri, Dian Mustika (2017). Mengenal Wemos D1 Mii Dalam Dunia Internet Of Things. Diakses pada tanggal 20 Maret 2019 dari Ilmuti.org.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hari Agus Sujono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.