Pembangunan Sistem Penentuan Harga Komoditi Pada PT. Selaras Makmur Pangan Jaya Dengan Menggunakan Metode SDLC Waterfall

Yusup Maulana, Era Hermawan, Muhammad Anni Azis, Anwar Sodik

Abstract


PT. Selaras Makmur Pangan Jaya adalah Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) yang bergerak dalam bidang pengembangan jaringan Pasar Induk. Perusahaan tersebut selama ini masih menggunakan sistem manual dengan bantuan Microsoft Excel dalam hal untuk menentukan harga komoditi di setiap periode pada customer yang berbeda sehingga tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat dan mengimplementasikan sistem aplikasi berbasis website yang dapat menentukan suatu harga komoditi yang ditawarkan kepada beberapa customer yang berbeda di PT. Selaras Makmur Pangan Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode pengumpulan data dan metode perancangan sistem, dimana pada pengumpulan data terdiri dari metode pustaka, observasi, hingga wawancara, dan metode perancangan sistem menggunakan metode system development life cycle (SDLC) Waterfall. Dalam metode SDLC waterfall sendiri memiliki beberapa fase yakni fase analisis, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Dalam pembuatan website tidak harus langsung mengimplementasikan code/program menjadi sebuah produk berupa website, akan tetapi harus melalui beberapa fase menurut metode perancangan sistem agar produk yang dibuat dapat sesuai dengan keperluan, serta penggunaan framework and library dalam website dapat mempermudah proses teknikal pembuatan website sehingga website dapat berjalan sesuai dengan keperluan. Beberapa framework dan library yang digunakan penulis dalam pembuatan sistem berbasis website yakni BootstrapCodeigniter 3 dan Jquery.


Keywords


Teknologi; Sistem; Website; Desain; SDLC Waterfall;

Full Text:

PDF

References


A. Sodik and R. R. Putri, “Pengaruh Budaya Terhadap Desain Web Menggunakan Pendekatan Hofstede,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31284/j.integer.2019.v4i2.521.

N. Wahyuni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), R. Akmal (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), and A. Gunawan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), “Perancangan Sistem Informasi Basis Data Inventaris Barang Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,” J. Manaj. Ind. dan Logistik, vol. 4, no. 2, pp. 102–115, 2021, doi: 10.30988/jmil.v4i2.434.

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, and D. Risdiansyah, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 159–167, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.160.

Y. Firmansyah and Pitriani, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada Cu Duta Usaha Bersama Pontianak,” J. Bianglala Inform., vol. 5, no. 2, pp. 53–61, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/2703/1813.

H. Nur, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Gener. J., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.29407/gj.v3i1.12642.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020, [Online].




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusup Maulana, Muhammad Anni Azis, Anwar Sodik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.