Penerapan Algoritma CT-Pro untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen (Pada Studi Kasus Toko Bahan Kue H2R Surabaya)

Muhammad Aditya Kushardiawan, Maftahatul Hakimah, Muchamad Kurniawan

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir, peminat bahan kue meningkat sangat tinggi. Oleh karena itu, pihak manajemen dari toko terus mengembangkan strategi peningkatan penjualan dan pemasaran produk yang lebih baik. Kemampuan bertahan bisnis sangat bergantung pada kemampuan dalam memahami konsumen dan proses pengambilan keputusan konsumen dari hari ke hari. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan analisis data transaksi serta mengasosiasikan data transaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengetahui informasi tentang pola pembelian konsumen dan dapat memberikan rekomendasi penempatan produk kepada pemilik toko dengan cara menempatkan berbagai produk di dalam satu tempat yang berdekatan. Manfaat dari penelitian ini yakni tersedianya sebuah sistem yang dapat mengetahui pola pembelian konsumen bagi pemilik toko dan memudahkan pemilik toko ketika transaksi pembelian. Dari analisis dan hasil uji coba yang sudah dilakukan menggunakan metode asosiasi dengan algoritma CT-Pro untuk mengetahui pola pembelian konsumen pada Toko H2R, dapat disimpulkan bahwa pola kombinasi tertinggi adalah produk Cakra dan Segitiga dengan nilai confidence 3% dan produk Cakra dan Gogo dengan nilai confidence 2,2%. Semakin  banyak jumlah data yang digunakan dalam penelitian, semakin tinggi nilai minimal support. Akan tetapi, jumlah kemunculan pola pembelian suatu produk akan lebih sedikit.


Keywords


Algoritma CT-Pro; data mining; data transaksi penjualan; metode asosiasi

Full Text:

PDF

References


Kasus, S., Pt, P., Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2012). PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH ( FP-GROWTH ) : 4(1).

Kharisma, G. A. E. (2013). RANCANG BANGUN APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) PADA MINIMARKET UD. DIANI DENGAN ALGORITMA CT-PRO. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 2(2), 490-499.

Ari, S., Hasibuan, M., & Nadeak, B. (2018). Penerapan Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Ct-Pro Untuk Korelasi Obat. 5(5), 532–536.

FAHRUDIN, N. F. (2019). Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis. MIND Journal, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.26760/mindjournal.v4i1.13-23.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 muhammad aditya kushardiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.