Klasifikasi Kelayakan Pinjaman Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Regresi Logistik Biner

Dwi Putra Marbun, Maftahatul Hakimah, Weny Mistarika Rahmawati

Abstract


Koperasi Yapusa adalah koperasi simpan pinjam formal dalam bentuk bukan bank yang dimiliki oleh perseorangan. Pada umumnya, nasabah koperasi adalah kebanyakan mereka para pemilik usaha atau perorangan seperti karyawan yang terkendela dalam modal pengembangan usaha atau kebutuhan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak koperasi Yapusa dalam mengklasifikasi nasabah untuk mengetahui layak atau tidaknya nasabah dalam mendapatkan pinjaman dengan menggunakan metode regresi logistik biner. Dalam penelitian ini, aplikasi yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis web. Data yang digunakan adalah data nasabah koperasi pada periode 2020, dengan jumlah data 110 data. Data dibagi menjadi dua, yaitu data training sebesar 80% dan testing sebesar 20%. Variabel Tagihan sebagai variabel respons sedangkan variabel prediktornya adalah Jenis Kelamin, Umur, Status, Pekerjaan, Jaminan, Jumlah Pinjaman, Tenor, Alamat Usaha, dan Penghasilan. Dari semua variabel prediktor tersebut, yang berpengaruh terhadap variabel respons adalah Tenor dan Penghasilan yang kemudian disebut sebagai x1 dan x2. Adapun model regresi logistik biner dengan fungsi logit adalah )) / (1+ exp(. Dari model regresi logistik biner tersebut, tingkat akurasi prediksi yang didapat adalah sebesar 90,9%.


Keywords


Klasifikasi; Koperasi Simpan Pinjam; Pinjaman; Regresi Logistik Biner

Full Text:

PDF

References


D. A. Wisnuwardhani, “Tanggung Jawab Koperasi Simpan Pinjam terhadap Jaminan Milik Pengurus yang di Jaminkan Hutang Koperasi,” hal. 21–30, 2018.

E. Sarwoko, “ANALISIS PERANAN KOPERASI SIMPAN PINJAM / UNIT SIMPAN PINJAM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM,” hal. 172–188, 2008.

M. Hakimah, Yussyafrida Choiriizzati Rochmana, dan Farida, “PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN EQUIVALENCE CLASSES DALAM MENENTUKAN STRUKTUR BAYESIAN NETWORK,” vol. 6, no. 2, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.31961/positif.v6i2.995.

E. T. Pamungkas, “Metode regresi logistik biner pada faktor yang mempengaruhi kesembuhan pasien penderita demam berdarah dengue di rsud dr. iskak kabupaten tulungagung,” 2017.

J. Junaidi, “Prosedur Uji Chi-Square,” hal. 1–9, 2010.

A. S. Rizal, T. Informatika, dan U. Y. Pasuruan, “PREDIKSI HASIL PEMILU LEGISLATIF MENGGUNAKAN ALGORITMA K-,” vol. 3, no. 1, hal. 27–42, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Putra Marbun, Maftahatul Hakimah, Weny Mistarika Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.