Aplikasi E-Learning TCP/IP Berbasis Web Mobile (Studi Kasus : PT. Telkom Akses Sidoarjo)

Ahmi Arifuadi, Syamsudduha Syahrorini, Arif Senja Fitrani

Abstract


PT. Telkom Akses merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia sebagai penyedia jasa jaringan internet. Dalam upaya peningkatan kualitas personal seluruh jajarannya, maka diadakanlah serangkaian pelatihan-pelatihan salah satu diantaranya adalah pelatihan tentang TCP/IP yang mana seluruh jajaran wajib mengikuti pelatihan tersebut. Selama ini pelatihan tersebut masih menggunakan piranti-piranti yang mana kurang fleksibel, seperti komputer atau laptop. Karena kurang fleksibelnya pelatihan tersebut untuk para teknisi yang bertugas dilapangan, mengakibatkan terganggunya jam operasional perusahaan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan aplikasi web mobile untuk memudahkan pengerjaan pelatihan-pelatihan yang wajib untuk diikuti yaitu TCP/IP. Penelitian ini menggunakan framework codeigniter guna memudahkan web agar lebih compatible diseluruh piranti yang digunakan baik itu ponsel dll. Uji coba pada 3 user dan 1 admin dengan versi mobile dan desktop yang berbeda-beda, mulai dari Android OS, IOS dan Windows. Hasil penelitian ini tingkat kesesuaian perangkat yang digunakan sudah berjalan lancar sesusai dengan apa yang diinginkan perusahaan.


Keywords


Web mobile; codeigniter; fleksibilitas

Full Text:

PDF

References


M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media, 2018.

E. Belina and F. R. Batubara, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi E-Learning Versi Mobile Berbasis Android,” Singuda ENSIKOM, vol. 4, no. 3, pp. 76–81, 2013, [Online]. Available: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/singuda_ensikom/article/view/4138.

T. N. Fitria, “Penerapan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran: Web-Based Learning Dan Mobile-Based Learning di ITB AAS Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19 (Application of Information Technology in Learning: Web-Based Learning and Mobile-Based Learning in ITB AAS In,” J. Pendidik., vol. 01, no. 01, pp. 487–495, 2020.

I. Bahroni and R. Purwanto, “Aplikasi Pembelajaran (E-learning) Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung Pembelajaran Secara Mandiri,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 2, p. 163, 2018, doi: 10.26418/jp.v4i2.25566.

R. E. Izzaty, B. Astuti, and N. Cholimah, “APLIKASI E-LEARNING SEKOLAH DASAR (SD) MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA UNTUK MENAMBAH INTERAKSI GURU DAN SISWA,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 2013.

K. Pestotnik, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING PADA SMK PEMBANGUNAN PACITAN BERBASIS WEB,” pp. 1–52, 2011.

A. Ismayani, Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Elex Media Komputindo, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmi Arifuadi, Syamsudduha Syahrorini, Arif Senja Fitrani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.