Implementasi VPS Pada Cloud Infrastructure Untuk Layanan Mail Server Personal PT.Garuda Voucher Indonesia

Fairuz Abadi Muthahari, Shah Khadafi

Abstract


Seiring dengan penggunaan email berdomain bawaan google mail pada PT Garuda Voucher Indonesia yang menyebabkan pengiriman email yang menjadi kurang eksklusif dan kurang resmi. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengalihan penggunaan email agar dapat diakses di jaringan internet secara online dan dapat login di aplikasi Mail Transfer Agent dengan menggunakan Virtual Private Server (VPS) sebagai Mailserver berbasis Cloud Infrastruktur. Instalasi email server terdiri dari Postfix sebagai server Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), dan Dovecot Sebagai Post Office Protocol Version 3 (POP3) / Internet Message Access Protocol (IMAP). Sehingga adanya pembuatan mailserver dengan domain perusahaan ini diharapkan dapat membantu masalah yang terjadi di PT Garuda Voucher Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan Virtual Private Server (VPS) sebagai Mailserver berbasis Cloud Infrastruktur dengan studi kasus pada perusahaan PT. Garuda Voucher Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis studi kasus dengan data yang diperoleh melalui hasil kerja praktek. Dari hasil studi kasus ini menunjukkan langkah – langkah pembuatan mail server pada VPS Cloud Server.

Keywords


Virtual Private Server; Mail Server; Cloud Infrastruktur; Garuda Voucher Indonesia

Full Text:

PDF

References


B. Basorudin, “Implementasi Mail Server Berbasis Squirrelmail Dengan Exchange Server Menggunakan Teknologi Virtualisasi di SMK Negeri 1 Pendalian IV Koto,” J. MEDIA INFOTAMA, vol. 14, no. 2, Nov. 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i2.651.

S. Khadafi, B. D. Meilani, and S. Arifin, “SISTEM KEAMANAN OPEN CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN IDS (INTRUSION DETECTION SYSTEM) DAN IPS (INTRUSION PREVENTION SYSTEM),” J. IPTEK, vol. 21, no. 2, p. 67, Dec. 2017, doi: 10.31284/j.iptek.2017.v21i2.207.

F. Ramadhani, R. M. Miko, N. S. Diningsih, and M. Habib, “Implementation of Mail Server Based of Squirrelmail Using Virtualization Technology at Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” J. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 197–201, doi: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjcositte.v2i2.7841.

A. A. Rismayadi, S. Topiq, and R. Nurtantho, “MEMBANGUN MAIL SERVER BERBASIS LINUX MENGGUNAKAN POSTFIX ADMIN DI PT. KEMUNING TELEVISI,” J. Ars Univ., vol. 2, no. 1, pp. 92–98, Feb. 2020, doi: https://doi.org/10.51977/jti.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fairuz Abadi Muthahari, shah khadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.