PENGATURAN SUHU SANGKAR BURUNG PUYUH DENGAN KONTROL PID

Lahmudin Lahmudin, Riny Sulistyowati

Abstract


Dalam pengembangan usaha peternakan burung puyuh ini dibutuhkan bibit yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya mengingat bibit merupakan salah satu sarana produksi yang penting dalam budidaya ternak. Burung puyuh yang baru menetas hingga umur 5 hari, membutuhkan kandang yang hangat agar mereka dapat bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Suhu yang dibutuhkan berkisar antara 33 - 35° C. Sehingga dibutuhkan suatu alat kontrol yang dapat mempertahankan nilai temperature  yang diinginkan pada proses ini. Pada penelitian ini, akan dilakukan perancangan dan pembuatan suatu alat pengontrol temperatur berbasis mikrokontroler AVR ATmega16. Untuk sistem kontrolnya menggunakan metode PID yang diharapkan mampu memperbaiki rise time, mempercepat respon, menghilangkan error steady, memperbaiki sekaligus mempercepat respon transsien dalam mempertahankan temperatur sesuai nilai yang diinginkan. Berdasarkan data respons sistem yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan metode manual (hand tuning / trial and error) , maka diperoleh parameter terbaik kontroler PID dapat ditentukan dengan Kp = 1,6 , Ki = 90 dan Kd = 45 dengan Rise Time  pada SP  350C yaitu 210 detik dan yang  pada SP 300C yaitu 45 detik. Suhu optimal yang digunakan pada burung puyuh umur 5 hari adalah 33 0C. Sedangkan sensor temperatur yang dipakai adalah LM35.


Keywords


Mikrokontroler ATmega16; LM35; Kontrol PID; Pengendali Panas

Full Text:

PDF

References


Nugroho Kistanto ,2013 dengan perancangan “Aplikasi Mikrokontroller Atmega 16 untuk Proses Pasteurisasi Susu dengan Pengendali PID Pada Industri Rumahan”.

De Araujo, Z, J ,2014, ”Perancangan Mesin Penjual Minuman Kopi, Kopi Susu, Kopi Jahe Berbasis Mikrokontroller Atmega16”, Skripsi, Surabaya, ITATS.

Riny Sulistyowati, Hari Agus Sujono, Ahmad Khamdi Musthofa, 2016, A river water level monitoring system using android-based wireless sensor networks for a flood early warning system.

Riny Sulistyowati, Hari Agus Sujono, Ahmad Khamdi Musthofa, 2017, Design and field test equipment of river water level detection based on ultrasonic sensor and SMS gateway as flood early warning.

Ir Edi Leksono, Teknik Kontrol Automatik (Sistem Pengaturan) jilid 1, Erlangga, Jakarta, 1985.

Drs. Sumanto. MA, Elektronik Industri, Andi, Yogyakarta, 1996

Hermawan Dwi Surjono,PhD, Elektronika Lanjut,2011

Atmel Corp., AVR 8-bit Microcontroller ATmega16 Datasheet, 2008

National Semiconductor, LM35 Datasheet, November 2000

Toshiba,TPL521 Datasheet,Agustus 2000




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riny Sulistyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.