PERANCANGAN MODEL WIRELESS FAST CHARGING MENGGUNAKAN CONSTANT CURRENT PADA KENDARAAN LISTRIK

Ridho Anfu salam, Andi Muhammad Nur Putra, Gilang Ramadhan, Salman Parizi, Anggun Anugrah, Yusreni Warmi

Abstract


Beberapa tahun kedepan akan berkembang pesat dari sektor electrical vehicle karena dalam perkembangan ini sangat menguntungkan dari ramah lingkungan dan penghematan bahan bakar. Dalam pengisian mobil listrik saat ini mambutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian. Jadi perlu dikaji hingga didapat pengoptimalan saat mengunakan electrical vehilce dalam pemakaian sehari-hari. Sistem pengisian yang sedang dikembangkan yaitu dengan wireless charging, sistem ini memungkinkan mempermudah dalam pengisian. Pada penelitian ini model yang akan dikembangkan menggunakan LC (Induktor Kapasitor) pada satu sisi. Pada penelitian ini menggunakan LC pada satu sisi yang merupakan pengembangan dari metode penggunaan LCC (Induktor Kapasitor Kapasitor), dari metode ini diharapkan dapat melakukan pengisian cepat. Proses pengisian baterai memiliki beberapa metode salah satu nya metode arus konstan. Metode arus konstan menerapkan arus konstan saat tegangan baterai meningkat hingga pengisian baterai penuh.


Keywords


Kendaraan Listrik; Nirkabel; Pengisian; Pengisian cepat

Full Text:

PDF

References


A. Gaurav and A. Gaur, “Modelling of Hybrid Electric Vehicle Charger and Study the Simulation Results,” 2020 Int. Conf. Emerg. Front. Electr. Electron. Technol. ICEFEET 2020, pp. 2–7, 2020, doi: 10.1109/ICEFEET49149.2020.9187007.

O. H. Hannisdahl, H. V. Malvik, and G. B. Wensaas, “The future is electric! the EV revolution in Norway - Explanations and lessons learned,” 2013 World Electr. Veh. Symp. Exhib. EVS 2014, 2014, doi: 10.1109/EVS.2013.6914921.

B. Blanning, “The economics of EVs and the roles of government,” 2013 World Electr. Veh. Symp. Exhib. EVS 2014, pp. 1–6, 2014, doi: 10.1109/EVS.2013.6915036.

A. Moeini and S. Wang, “Design of fast charging technique for electrical vehicle charging stations with grid-tied cascaded H-bridge multilevel converters,” Conf. Proc. - IEEE Appl. Power Electron. Conf. Expo. - APEC, vol. 2018-March, no. 1540118, pp. 3583–3590, 2018, doi: 10.1109/APEC.2018.8341621.

V. B. Vu, V. T. Doan, V. L. Pham, and W. Choi, “A new method to implement the constant Current-Constant Voltage charge of the Inductive Power Transfer system for Electric Vehicle applications,” 2016 IEEE Transp. Electrif. Conf. Expo, Asia-Pacific, ITEC Asia-Pacific 2016, pp. 449–453, 2016, doi: 10.1109/ITEC-AP.2016.7512996.

Y. Chen et al., “Variable-Parameter T-Circuit-Based IPT System Charging Battery with Constant Current or Constant Voltage Output,” IEEE Trans. Power Electron., vol. 35, no. 2, pp. 1672–1684, 2020, doi: 10.1109/TPEL.2019.2920948.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridho Anfu salam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.