PERANCANGAN MODEL WIRELESS FAST CHARGING MENGGUNAKAN CONSTANT CURRENT DAN CONSTANT VOLTAGE PADA KENDARAAN LISTRIK

Andi Muhammad Nur Putra, Ridho Anfu Salam, Salman Parizi, Anggun Anugrah, Yusreni Warmi

Abstract


Teknologi pada kendaraan listrik muncul sebagai topik utama dalam pengembangan energi yang ramah lingkungan dan juga efisien seperti sumber energi terbarukan, maka kendaraan ini masih sangat sedikit sekali masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik ini. Baterai adalah salah satu komponen mobil listrik yang sangat penting, baterai digunakan sebagai sumber arus untuk seluruh sistem kelistrikan serta sebagai tempat untuk menyimpan energi listrik pada saat terjadi proses pengisian dengna menggunaka metode pengisian CCCV baterai akan lebih stabil saat pengisian. Baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik pada saat sistem starter agar mesin dapat dihidupkan, lampu-lampu dan komponen-komponen kelistrikan lainnya. Karena penggunaan energi listrik yang dibutuhkan oleh mobil listrik ini banyak, maka dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengisian cepat untuk kendaraan listrik. Makalah ini mengusulkan desain dan metode yang dapat menjalankan muatan metode CC/CV dan selama peroses pengujian didapat 15.3kW dengan kecepatan pengisian 1 jam 40 menit.


Keywords


Mobil Listrik; Baterai; Pengisian; Pengsisan cepat

Full Text:

PDF

References


A. Gaurav and A. Gaur, “Modelling of Hybrid Electric Vehicle

Charger and Study the Simulation Results,” 2020 Int. Conf. Emerg. Front. Electr. Electron. Technol. ICEFEET 2020, pp. 2–7, 2020, doi: 10.1109/ICEFEET49149.2020.9187007.

I. Susanti, R. Rumiasih, C. RS, and A. Firmansyah, “Pengisiannya Pada Mobil Listrik,” Elektra, vol. 4, no. 2, pp. 29–37, 2019.

M. Nicholas and D. Hall, “Lessons Learned on Early Fast Electric Vehicle Charging Systems,” White Pap. - Int. Counc. Clean Transp., no. July, 2018, [Online]. Available: www.theicct.org.

V. B. Vu, D. H. Tran, and W. Choi, “Implementation of the Constant Current and Constant Voltage Charge of Inductive Power Transfer Systems with the Double-Sided LCC Compensation Topology for Electric Vehicle Battery Charge Applications,” IEEE Trans. Power Electron., vol. 33, no. 9, pp. 7398–7410, 2018, doi: 10.1109/TPEL.2017.2766605.

G. Angelov, M. Andreev, and N. Hinov, “Modelling of Electric Vehicle Charging Station for DC Fast Charging,” Proc. Int. Spring Semin. Electron. Technol., vol. 2018-May, pp. 1–5, 2018, doi: 10.1109/ISSE.2018.8443663.

R. Collin, Y. Miao, A. Yokochi, P. Enjeti, and A. Von Jouanne, “Advanced electric vehicle fast-charging technologies,” Energies, vol. 12, no. 10, 2019, doi: 10.3390/en12101839.

I. Susanti, R. Rumiasih, C. RS, and A. Firmansyah, “Pengisiannya Pada Mobil Listrik,” Elektra, vol. 4, no. 2, pp. 29–37, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2022.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gilang Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.